Bayi

Penyebab Timbulnya Biang Keringat

Bunda pasti akan merasa senang jika bisa melihat anak aktif bermain bersama teman-teman seusianya. Namun terkadang, untuk anak yang cukup aktif bermain, terlebih yang berkaitan dengan fisik pastinya akan lebih banyak mengeluarkan keringat. Karena keringat yang berlebih inilah biang keringat jadi lebih mudah timbul pada badan si kecil. Walau pun disebabkan oleh kegiatan fisik dan keringat, tapi perlu Bunda ketahui bahwa ternyata biang keringat pada anak itu penyebabnya tidak hanya kedua hal itu saja, loh! Selain itu ada beberapa penyebab yang bisa membuat biang keringat mudah timbul pada tubuh anak, seperti:


  1. Kepanasan
    Kepanasan yang dirasakan pada tubuh dapat memicu tersumbatnya kelenjar keringat yang akhirnya menyebabkan timbul biang keringat. Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan kepanasan adalah menggunakan pakaian yang terlalu tebal atau tidur dengan selimut tebal saat suhu sedang panas. Selain itu hal ini juga bisa dipengaruhi iklim tropis yang ada di indonesia.

  2. Aktivitas fisik tertentu
    Untuk anak yang sangat aktif secara fisik, hal ini memiliki dampak baik untuk sistem metabolisme tubuh. Namun, hal ini juga bisa memiliki dampak yang kurang baik pada tubuh jika terjadi secara berlebihan. Anak yang melakukan aktivitas atau olahraga secara berlebihan dapat membuat tubuhnya mengeluarkan banyak keringat sehingga hal ini bisa memicu terjadinya biang keringat.

  3. Kelenjar keringat yang belum berkembang
    Untuk anak-anak yang masih berada di usia tumbuh kembang, secara keseluruhan fungsi tubuh mereka masih belum terbentuk secara sempurna. Sama hal-nya dengan kondisi kelenjar keringat mereka. Kondisi ini dapat membuat keringat yang seharusnya dikeluarkan jadi tertahan di dalam kulit dan tidak bisa dikeluarkan secara maksimal.

  4. Berbaring terlalu lama
    Walau pun berbaring merupakan sesuatu kegiatan yang disukai anak, tapi ternyata hal kebiasaan itu tidak boleh dilakukan terlalu lama. Anak yang dibaringkan terlalu lama dalam posisi tertentu juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya biang keringat. Hal ini karena pada posisi tidur tersebut pori-pori pada bagian badan akan cenderung tertutup dan mudah terasa panas. Dari rasa panas tersebut dapat membuat anak mudah berkeringat.

  5. Berat badan berlebih
    Orang tua pasti senang jika melihat anak memiliki berat badan yang proporsional sesuai dengan umurnya. Namun, terkadang kondisi berat badan anak kurang proporsional dan cenderung ke arah obesitas. Faktor obesitas ini lah yang bisa meningkatkan resiko anak mengalami biang keringat. Biasanya, biang keringat akan muncul pada bagian lipatan-lipatan tubuh seperti perut, leher, dan selangkangan. Hal ini terjadi karena bagian lipatan tersebut selalu tertutup serta ada gesekan antar kulit secara terus menerus.

 

Nah, sekarang Bunda jadi lebih tahu nih kalau ternyata ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan si kecil mudah terkena biang keringat. Tidak perlu khawatir jika si kecil terkena biang keringat. Dengan perawatan yang tepat, biang keringat tersebut akan cepat teratasi dan kulit anak akan kembali ke kondisi semula. Salah satu cara yang bisa Bunda lakukan untuk menanganinya adalah menggunakan bedak yang dikhususkan untuk biang keringat. Konicare Bedak Biang Keringat bisa menjadi pilihan Bunda untuk mengatasi biang keringat yang sedang dialami si kecil. Dengan kandungan alami Olive Oil dan Vitamin E, bisa membantu meredakan gatal akibat biang keringat, membantu merawat iritasi kulit akibat ruam popok serta menjaga kelembapan dan kehalusan kulit. Kulit sehat bebas biang keringat.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

ananoer

ok

wahyu85

ok

anna_atina

terima kasih informasi nya Bunda Konicare ❤

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved