Bayi

Merawat Bayi Kala Musim Hujan Datang

Musim hujan sudah di depan mata setelah sebelumnya Indonesia memasuki musim kemarau yang cukup panjang. Bagi Bunda yang memiliki bayi ataupun balita, musim hujan selain membawa berkah tersendiri, namun juga membuat anda khawatir karena musim hujan memicu beberapa penyakit merebak. Imunitasnya (daya tahan tubuh) yang masih lemah membuat bayi rentan terkena berbagai penyakit.

Apalagi saat musim penghujan seperti ini. Untuk itu Bunda harus memberikan perhatian ekstra, agar bayi terhindar dari penyakit seperti flu dan demam. Dua penyakit tersebut memang kerap menyerang bayi.

Berikut ini ada beberapa tips menjaga kesehatan bayi di tengah kondisi musim hujan seperti ini.

1. Makan Teratur Untuk meningkatkan sistem imunitas bayi

Salah satu cara yang bisa Bunda lakukan adalah dengan memberikan makanan bergizi secara teratur sebanyak tiga kali. Bunda juga harus memberikan menu makanan yang variatif agar si kecil tidak bosan. Jangan lupa ya Bunda berikan juga si kecil sayur dan buah. Terlebih di musim penghujan seperti ini, buah yang disarankan adalah buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C seperti pepaya, melon, jeruk dan lainnya.

Cuci hingga bersih sayuran dan buah-buahan sebelum di masak atau di konsumsi. Selain itu biasakan sebelum memberikan makan si kecil, Bunda mencuci tangan terlebih dahulu Bunda bisa menggunakan Konicare Gel Pembersih Tangan dari Konicare saat mencuci tangan. Mengandung bahan antiseptik yang efektif, pembersih tangan ini sangat praktis untuk membersihkan tangan dari kuman dan debu, serta menjaga tangan tetap halus dan lembut. Saat berpergian, Bunda juga bisa membawa Konicare Gel Pembersih Tangan ini ke dalam tas dan bisa membersihkan tangan tanpa harus menggunakan air.

2. Istirahat Cukup

Sudah bukan rahasia umum lagi jika tidur baik untuk pertumbuhan bayi, tidak hanya membantu meningkatkan kecerdasaan otak namun juga meningkatkan daya tahan tubuhnya. Saat musim hujan tiba suhu udara menjadi lebih dingin, dengan begitu meningkatkan imunitas bayi menjadi fokus penting. Usahakan agar si kecil dapat tidur dengan cukup ya Bunda.

Jika udara dirasakan sangat dingin, Bunda bisa memberikan Konicare Minyak Telon Plus atau Konicare Minyak Kayu Putih Plus, selain memberikan rasa hangat pada tubuh bayi juga berkhasiat untuk membantu meredakan perut kembung dan membantu menghindari dari gigitan nyamuk / serangga. Konicare Minyak Telon Plus dan Konicare Minyak Kayu Putih Plus juga sangat praktis dapat dibawa kemana pun Bunda pergi.

3. Jaga Kebersihan Tubuh Bayi

Saat musim hujan seperti ini, kebersihan tubuh bayi juga harus diperhatikan. Jika kuku tangan sudah mulai panjang, segera gunting karena kuku merupakan salah satu tempat berkembang biak bakteri dan kuman. Kuku pun kerap dimasukkan ke dalam mulut si kecil. Kebayang kan Bunda jika kuman dan bakteri masuk ke dalam mulutnya, si kecil bisa saja terserang penyakit. Selain itu, mandikan juga si kecil dua hari sekali pagi dan sore agar kuman-kuman yang menempel di tubuhnya mati. Jika udara terasa dingin, Bunda bisa memakai air hangat untuk memandikanya.

4. ASI Yang Cukup

Untuk bayi yang berusia di bawah 6 bulan, pemberian ASI (Air Susu Ibu) secara ekslusif memang mutlak diberikan. Pastikan Bunda selalu memberikan ASI cukup untuknya. Jaga selalu kondisi fisik Bunda dan juga makan makanan yang bergizi agar pasokan ASI lancar. Ada baiknya disaat musim penghujan seperti ini, memasak sendiri makanan yang akan di konsumsi karena lebih terjamin gizi dan kebersihanya. Untuk bayi yang berusia diatas 6 bulan sudah bisa mendapatkan makanan pendamping ASI.

5. Ciptakan Suasana Ceria

Bunda selain asupan makanan yang baik, bayi juga memerlukan suasana yang gembira agar tidak mudah terserang penyakit. Bunda bisa menyanyikan lagu-lagu sederhana khas anak-anak atau mengajaknya berbicara. Hal ini juga dapat menciptakan hubungan kasih antara orang tua dan bayi. Selain itu membuat bayi akan lebih cepat berbicara dan belajar berbagai informasi baru.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

apti_naira

wah thanx tipsnya Bunda konicare akan coba diterapkan agar si kecil ga gampang sakit saat musim hujan

zubaidah_yaniarti326

musim hujan kadang rentan masuk angin

maya_nurmaelasari09

betul bgt, dan yg terakhir sy selalu oleskan minyak telon ke seluruh badan bayi ku agar tetap hangat:)

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved