Bayi

Manfaat Pemberian ASI Ekslusif

ASI adalah makanan terbaik untuk di konsumsi bayi. ASI merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat. Berikanlah ASI sejak bayi baru lahir sampai usia 6 bulan secara eksklusif dan sampai bayi berusia 2 tahun yang diselingi dengan makanan padat.

Berikut manfaat ASI untuk si buah hati Bunda:

1. Kandungan Colostrum

Colostrum merupakan cairan ASI pertama yang diproduksi setelah melahirkan. Cairannya sedikit kentalberwarna putih dan agak kekuningan.. Kolostrum (IgG) mengandung banyak karbihidrat, protein dan antibodi yang merupakan ‘imunitas pertama’ bagi bayi. Kolostrum juga mengandung sel darah putih (leukosit) dalam jumlah besar yang dapat melawan bakteri dan virus. Colostrum ini sangat berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan buah hati oleh karena itu penting bagi bunda untuk segera menyusui saat bayi baru lahir.

 

2. Kandungan Gizi Lengkap

Daripada Bunda harus repot-repot memilih susu formula yang mahal harganya untuk bayi di bawah usia enam bulan, lebih baik berikan ASI. Di dalam ASI terkandung sumber gizi yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan tubuh bayi.

 

3. Pendekatan Emosional Bunda dan Buah Hati

Pemberian ASI kepada buah hati dapat menciptakan kedekatan emosional antara bunda dan buah hati. Saat proses menyusui berlangsung bunda dapat mendekap buah hati dan memberikan kehangatan. Kontak fisik tersebut merupakan cara pendekatan emosional yang paling baik antara Bunda dengan buah hati. Saat berada di dekapan bunda, buah hati akan merasa aman, nyaman, dan tenang.

 

4. Perkembangan Otak Buah Hati

Berdasarkan berita yang dilansir oleh naturalnews.com baru-baru ini, ASI ternyata memang bisa meningkatkan laju perkembangan otak si buah hati. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Neurolmage mendukung hal ini. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa bayi yang mendapatkan asupan ASI lebih banyak memiliki tingkat perkembangan otak yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang mendapat ASI sedikit atau tidak sama sekali. Perkembangan ini terutama untuk otak di bagian yang bertugas mengatur emosi, kemampuan motorik dan kemampuan linguistic bayi.

 

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

RestuNusra

terimakasih bunda infonya sangat bermanfaat^^

anisa_elfaronsie

thanks infonya ya...

muslikhatun

semoga bisa ASI eksklusif sampai 2 th

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved