Bayi

Meningkatkan Kemampuan Anak

Masih banyak orang tua yang berasumsi kalau belajar terus-menerus akan mampu meningkatkan memori anak. Anggapan ini secara langsung berakibat kepada banyak anak yang dipaksa untuk terus belajar, dari mulai hapalan sampai pemahaman, tanpa memperhitungkan apa yang sebenarnya dibutuhkan anak.

Menurut para ahli, kebanyakan belajar dalam kondisi tertekan justru hanya akan membuat anak semakin stres, akibatnya, metode ini tidak akan menghasilkan apa-apa. Supaya anak bisa mendapatkan kemampuan terbaiknya, ada beberapa cara yang harus ditempuh oleh si kecil, berikut merupakan beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan memori anak dengan cara yang menyenangkan.

Belajar bahasa baru

Tidak bisa dipungkiri, bahasa sangat berperan penting dalam peningkatan kemampuan memori otak. Dengan belajar bahasa baru, maka ini akan membuat si kecil belajar bagaimana cara beradaptasi pada hal-hal baru. Cara ini juga dipercaya mampu memberikan latihan pada otak mereka dengan cara efektif.

Mind game

Untuk memeperkuat fungsi otak anak, mind game atau permainan otak sangat penting untuk dilakukan. Selain itu, permainan pikiran juga dianggap sebagai salah satu vitamin untuk memori, hal tersebut karena permainan sederhana ini akan mampu membantu untuk meningkatkan memori si kecil, sekaligus meningkatkan kecepatannya dalam  menghafal.

Puzzle

Sudah cukup lama permainan ini digunakan untuk meningkatkan fungsi memori anak. bermain puzzle juga secara tidak langsung akan memperlihatkan bagaimana sebenarnya otak si kecil. Anda bisa memilih beberapa permainan teka-teki, misalnya jigsaw yang berguna untuk merangsang otak anak. Permainan ini bahkan bisa dimainkan oleh anak-anak balita.

Kegiatan koordinasi

Kegiatan sederhana ini merupakan slaah satu teknik terbaik untuk melatih kemampuan otak anak. Beberapa permainan, seperti sepak bola, bola basket, voley dan lainnya dipercaya akan mampu menantang anak untuk mengkoordinasikan otak dan anggota tubuh lain secara bersamaan. Tidak hanya permainan fisik, bermain alat musik seperti gitar dan piano juga memiliki peranan yang sama dalam hal belajar kegiatan koordinasi.

Perlu dicatat, kemampuan otak anak merupakan hal yang dimiliki si kecil sejak lahir. Anda harus yakin kalau tidak ada satupun anak yang terlahir dalam kondisi bodoh, dalam hal ini, anda sebagai orang tua harus mampu untuk mengembangkan potensi terbaik yang dimiliki si kecil.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

imroatul_mufidah

thank you bunda

RestuNusra

trimakasih bunda infonya selalu bermanfaat ^^

anisa_elfaronsie

Terimakasih informasinya,,, saya sebagai bunda sangat terbantu sekali

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved