Bayi

Beberapa Penyakit Kulit yang Bisa Menyerang Si Kecil dan Cara Menanganinya

Ketika anak Bunda berumur satu tahun lebih dan memasuki fase tumbuh kembang, jangan kaget melihat anak Bunda sering bermain sampai semua tubuhnya sangat kotor. Walaupun itu adalah proses belajar dari Si Kecil, bukan berarti Bunda bisa acuh tak acuh dengan kondisi tersebut. Daya tahan Si Kecil yang sangat jauh berbeda dengan orang dewasa bisa membuat Si Kecil gampang sakit jika Bunda tidak memperhatikan kondisi Si Kecil.

Salah satu penyakit yang sering dialami Si Kecil adalah penyakit kulit. Penyakit ini biasanya terjadi karena perubahan cuaca yang cukup ekstrem, misalnya alergi kulit, bakteri, virus, ataupun jamur. Salah satu gejala awal terjadinya penyakit kulit pada Si Kecil adalah gatal-gatal yang tidak kunjung usai, ruam merah, sampai rasa nyeri di bagian kulit. Untuk itu, Bunda harus waspada terhadap penyakit kulit yang bisa menyerang Si Kecil. Simak beberapa penyakit kulit dan cara menanganinya berikut ini.

Cacar air

Penyakit ini merupakan penyakit kulit yang sangat gampang menular, terutama kepada anak-anak. Penyakit cacar air ini jika tidak ditangani dengan baik bisa menjadi penyakit kulit yang cukup serius. Karena selain membuat kulit gatal-gatal dan panas, cacar air ini bisa membuat anak demam dan pusing. Jadi, ketika ada gejala cacar air seperti timbul gelembung di kulit dan disertai demam, segera periksa ke dokter, ya.

 

Biang keringat

Biang keringat ini sering terjadi ketika anak tidak menjaga kebersihan setelah bermain. Seperti tidak mandi, jarang ganti baju, dan langsung tidur ketika masih berkeringat. Penyebab terjadinya biang keringat adalah tersumbatnya keringat di jaringan kulit mati dan terjadi infeksi yang bisa menyebabkan kulit terluka. Cara mengatasinya adalah menghindarkan anak dari suhu panas dan mengoleskan krim khusus untuk biang keringat yang sudah infeksi.

Untuk mencegah Si Kecil terkena biang keringat, Bunda bisa menggunakan Konicare Bedak Biang Keringat yang bisa mencegah serta menyembuhkan Si Kecil yang terkena gejala biang keringat. Untuk petunjuk pemakaiannya, Bunda bisa memberikan bedak ini setiap hari pada kulit yang terkena biang keringat, karena Konicare Bedak Biang Keringat mengandung  bahan alami Olive Oil/ minyak zaitun , sehingga aman digunakan untuk si kecil.

Kadas

Kadas adalah penyakit kulit parah yang disebabkan jamur yang tumbuh pada kulit mati. Kadas ini biasanya muncul ketika lingkungan sekitar anak bermain tidak bersih, sehingga bakteri serta jamur mudah menempel. Ciri-ciri dari penyakit kulit kadas adalah kulit terlihat merah dan tampak terlihat melepuh. Jika ini terjadi, konsultasikan ke dokter dan oleskan krim pembasmi kadas.

Dermatis

Dermatis adalah istilah lain dari peradangan kulit. Salah satu penyebab dari munculnya penyakit kulit dermatis adalah alergi dan bakteri. Ciri-ciri penyakit dermatis adalah gatal disertai ruam merah pada kulit. Jika gatal bertambah parah, biasanya kulit anak akan melepuh sampai sedikit berair. Salah satu alat pencegahan dari dermatis adalah dengan menjaga anak dari biang dermatis.

Jika ternyata anak terkena dermatis karena alergi tertentu, Bunda harus segera membawa ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut tentang alergi tersebut. Penyakit ini biasanya akan hilang dalam waktu 3-4 hari dengan beristirahat penuh.

Si Kecil boleh bermain sampai tubuhnya kotor karena berani kotor itu baik, bukan? Tetapi sebagai orang tua, Bunda harus terus menjaga kesehatan Si Kecil. Jangan sampai Si Kecil sakit dan mengurangi keceriaannya.

 

Photo credit: pxhere.com

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

geby_ariesa

terima kasih infonya

entin

terimakasih infonya

ifadatun

konicare brand yang bagus.. selain produknya.. juga artikelnya yang sangat membantu

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved