Bayi

Mengenal Bronchiolitis Pada Bayi

Bronkitis berasal dari kata bronkus dan itis, yang berarti adanya reaksi peradangan dalam tubuh. Peradangan ini merupakan reaksi tubuh terhadap paparan benda atas zat asing yang masuk kedalam tubuh. Sampai saat ini, infeksi virus dipercaya sebagai salah satu penyebab tersering timbulnya radang saluran napas ini.

Pada saat ada reaksi peradangan saluran napas, biasanya area ini akan tampak berwarna kemerahan, terlihat agak sembab atau membengkak, dan akan memproduksi lendir dalam jumlah yang cukup banyak (tidak normal). Hal inilah yang menyebabkan batuk. Gejala awal bronkitis ditandai dengan adanya batuk yang disertai produksi dahak yang cukup banyak.

Selain itu, biasanya gejala bronkitis pada bayi sangat mirip dengan gejala batuk lainnya, disini yang perlu diperhatikan adalah, terjadinya perubahan suara anak yang menjadi serak tanpa disertai dengan batuk. Jika ini sampai terjadi, maka sangat mungkin si kecil bukan terkena bronkitis, tapi ada reaksi peradangan di area pita suara, dan ini harus segera ditangani dokter.

Sebagai catatan, dalam beberapa kasus, bronkitis pada bayi tidak berbahaya, dan bahkan akan sembuh dengan sendirinya tanpa melalui proses pengobatan medis. Biasanya ini terjadi kepada bayi yang sudah mendapatkan imunisasi lengkap, dan memiliki kekebalan tubuh yang tinggi.

Pencegahan

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan sebagai upaya pencegahan, diantaranya adalah, anda harus menjaga kebersihan si kecil semaksimal mungkin, hal ini dilakukan untuk menjauhkan si bayi dari penyebaran bakteri dan virus penyebab bronkitis. Selain itu, usahakan jauhkan sibayi dari polusi udara, dan sangat direkomendasikan si anak untuk mendapatkan vaksin flu.

Jika salah satu anggota keluarga anda merupakan perokok aktif, sebaiknya mulai sekarang berhenti. Atau paling tidak anda harus keluar dulu kalau ingin merokok. Upaya lainnya supaya bronkitis karena reaksi alergi ini tidak terjadi, sebaiknya anda hindarkan si bayi dari benda-benda yang dapat menyebabkan alergi, mislanya bulu-bulu halus (pakaian berbulu), binatang peliharaan, dan lainnya.

Jangan lupa untuk membuat si bayi tetap dalam keadaan hangat, caranya dengan selalu mengoleskan minyak telon konicare setiap setelah mandi. Dengan minyak telon konicare, bayi akan tetap hangat sepanjang hari.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

himma

baru tahu

dewiratih

bermanfaat sekali artikelnya, terimakasih bunda konicare

ndaahdom

oo baru tau

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved