Bayi

5 Teknik Pijat untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Pembentukan gas berlebih di perut adalah masalah yang sering dialami bayi yang baru lahir. Perut kembung ini membuat bayi merasa tidak nyaman dan menjadi sering rewel. Ini wajar mengingat masalah pada perut ini akan mengganggu sistem pencernaan.

Seiring bertambahnya umur, perut kembung pada bayi akan lebih sering dialami ketika sudah mulai mencoba asupan makanan di luar ASI. Bayi akan cenderung mengalami kesulitan tidur dan lebih sering terbangun saat malam hari karena perutnya terasa sakit.

Masalah perut kembung pada bayi ini sebenarnya bisa diatasi dengan teknik pijat bayi. Selain bisa menenangkan bayi, pijatan lembut juga bisa membantu bayi mengeluarkan gas di perut. Berikut 5 teknik pijatan untuk mengatasi perut kembung pada bayi.

Pijat I Love U

Pijat I Love U merupakan teknik urut dengan menyatukan jari tengah dan jari telunjuk. Letakkanlah jari di perut bayi pada sisi kiri, lalu tekan ke arah bawah dengan sentuhan lembut seolah membentuk huruf I.

Pijatan ini juga bisa dimulai dari punggung bawah hingga ke bahu dengan gerakan melingkar. Selanjutnya, lakukan pemijatan dari perut bagian kiri dan perlahan bergeser ke arah perut di bagian kanan dengan tangan membentuk huruf L.

Lakukan gerakan tersebut secara berulang. Setelah itu, pijat bagian lipatan kaki kanan, geserkan jari sampai membentuk huruf U ke arah lipatan kaki kiri bayi. Pijat I Love U efektif mengurangi ketegangan pada diafragma bayi sekaligus mengurangi cegukan dan perut kembung pada bayi.

Pijat knee up/tekan lutut

Pijat knee up dilakukan dengan menekuk kedua lutut bayi mengarah ke perut. Posisikan si buah hati tidur terlentang di atas kasur. Lakukan penekukan dengan lembut. Gunakan jari telunjuk untuk menopang bagian belakang lutut bayi. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali dan segera hentikan ketika bayi merasa tidak nyaman. Gerakan menaikkan dan menurunkan lutut ini sangat membantu mengatasi perut kembung pada bayi.

Pijat sun and moon

Pijat sun and moon adalah teknik pijat bayi dengan pola melingkarkan telapak tangan kanan di perut bayi. Caranya sangat mudah, cukup dengan meletakan tangan kanan persis di atas perut bayi. Setelah itu, buat pola memutar searah jarum jam.

Telapak tangan kanan bisa bergerak secara bergantian dengan tangan kiri. Lakukan berulang sembari menekan tangan dengan lembut untuk membantu si buah hati mengeluarkan gas di perutnya.

Pijat mendayung

Teknik pijat ini banyak diandalkan para ibu untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Untuk melakukan teknik pijat mendayung, letakkan tangan kanan di bawah tulang rusuk bayi. Posisi jari kelingking harus berada di bawah sementara telapak tangan menghadap ke atas. Setelah itu, lakukan pemijatan dimulai mengusap-usap pada bagian perut, lalu naik ke atas sampai ke bagian pinggul secara perlahan.

Pijat walking moon

Teknik pijat walking moon dilakukan dengan meletakkan tangan di atas pusar di sisi kiri perut bayi. Setelah itu, gunakanlah jari telunjuk dan jari tengah untuk mengusap ke bagian kanan perut bayi. Lakukan gerakan bolak-balik dari kanan ke kiri atau sebaliknya.

Untuk membantu meredakan perut kembung pada bayi, lakukan teknik-teknik pemijatan di atas sampai 3-4 kali dan diulang secara rutin, setidaknya dua kali dalam sehari selama dua minggu atau sampai perut kembung pada bayi hilang.

Agar hasilnya optimal, disarankan menggunakan minyak bayi nabati atau baby oil yang dari bahan alami. Gunakan saja Konicare Natural Baby Massage Oil karena mengandung virgin coconut oil (VCO) yang bersifat sebagai antioksidan, yang membantu melembabkan dan melembutkan kuit bayi juga ekstrak alami lain yang baik untuk kulit bayi dan tidak memiliki efek samping dan memberikan hasil pemijatan terbaik.

Selama memijat bayi, lakukan dengan gerakan lembut dan penuh kasih sayang. Kulit bayi belum terbentuk sempurna, sehingga gerakan tangan harus dilakukan dengan hati-hati. Jangan lupa untuk menciptakan suasana yang nyaman dan rileks seperti melakukan pemijatan di dalam ruangan, mengharumkan kamar dengan aroma terapi, dan menggunakan lampu yang tidak terlalu terang. Sesekali ajak bayi berinteraksi dan tetap menjaga kontak mata agar si buah hati merasa sangat diperhatikan.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

yulyana

terima kasih konicare

randika

terima kasih konicare

Naya

Makasih infonya Konicare

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved