Bayi

Ketika Si Kecil Mogok Tidur, Ini Yang Harus Dilakukan

Saat itu waktu sudah menunjukan jam 21.00, mata Balqis (2 tahun) sudah terlihat mulai memerah karena kantuk, dia pun sudah terlihat beberapa kali menguap dan menggisik-gisik matanya. Tapi semua itu tidak menyurutkan semangatnya, gerakannya masih saja lincah ketika bermain.

Karena tahu kalau Balqis sudah mengantuk, saya pun beberapa kali mengajaknya untuk tidur, tapi tetap saja menolak. Bahkan ketika dipaksa, bukannya menurut, malah Balqis menangis meminta mainannya di kembalikan. Sampai jam 22.00 pun Balqis belum saja tidur, dia masih asik dengan mainannya yang baru, yang berupan pancingan ikan berbentuk puzzle mini.

Apakah anda juga pernah mengalami peristiwa seperti digambarkan diatas? Entah karena kasihan atau memang ingin mendisiplinkan, mungkin lama kelamaan anda akan merasa jengkel dengan tingkahnya tersebut. Apalagi kalau anda sendiri sudah merasa cukup ngantuk, dan sang suami pun sudah terlihat gelisah karena terbayang pekerjaan yang akan dia kerjakan besok sambil menahan kantuk.

Sabar, sebaiknya anda jangan buru-buru marah, mendingan anda mempraktekan beberapa tip bagaimana cara saya menaklukan Balqis ketika dia susah diatak tidur.

  • Temani si kecil sebentar sampai dia tertidur. Walaupun mungkin anda sudah cukup lelah, tapi anda harus faham kalau si kecil butuh kebersamaan dengan ibunya. Untuk itu, cobalah untuk menyempatkan diri menemaninya tidur, anda bisa mulai membacakannya dongeng, atau memberikan nyanyian terbaik anda.
  • Cobalah untuk memberikan sedikit waktu bagi si kecil untuk menikmati kesenangannya, terlebih kalau anda seorang wanita karir yang kesehariannya sangat sibuk. Bisa saja ini merupakan salah satu bentuk protes si kecil yang ingin lebih diperhatikan.
  • Coba perhatikan, kapan si kecil terlihat benar-benar lelah atau mengantuk. Kalau tanda-tanda ini sudah terlihat, matikan TV dan segera ajak dia untuk masuk ke kamar dan janjikan kalau anda akan menemaninya sampai dia terlelap.
  • Jangan lupa matikan lampu kamar yang terang, kemudian ganti dengan menggunakan lampu tidur yang lebih temaram di sudut kamar. Anak-anak biasnaya takut untuk tidur dalam suasana yang terlalu gelap.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Hafiza_kamila_putri

wah bermanfaat banget infonya

lily09

thx

imroatul_mufidah

oh...gitu ya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved