Bayi

Apapun Selalu Dimasukan Ke Mulut, Apa Yang  Harus Dilakukan?

Sejak usia 6 bulan, rasa ingin tahu si kecil sudah berkembang sangat pesat. Dia mulai ingin mengekplorasi lingkungannya, dan ingin tahu banyak tentang apa yang dia bisa pegang dan sentuh. Tapi sayangnya, dalam usia ini si kecil juga memiliki kebiasaan yang cukup risih, dan bahkan cenderung membahayakannya, yakni sering memasukan apapun yang dia temu ke mulutnya.

Kondisi ini sebenarnya sangat wajar, karena setelah si kecil mengetahui benda yang diminatinya dengan indera penglihatan, kemudian sudah berhasil merabanya, maka untuk menuntaskan rasa penasarannya, si kecil pun akan mencoba bagaimana rasanya benda tersebut.

Tentu saja kebiasaan ini tidak bisa dibiarkan, terlebih kalau benda-benda yang dimasukannya tergolong benda berbahaya seperti logam atau benda-benda yang berpotensi mengandung racun, kuman dan bakteri. Bagaimanakah cara mencegahnya? Sedangkan kalau di larang, tidak jarang si kecil akan menangis dan susah untuk didiamkan.

Untuk mengatasi masalah ini, banyak cara yang bisa anda lakukan, salah satunya dengan memberikan benda pengganti yang lebih bersih. Misalnya mainan yang memang khusus untuk di gigit-gigit. Mainan ini bisanya berbentuk plastik lunak dan tidak berbahaya ketika di gigit. Tidak hanya itu, mainan untuk mengigit ini dipercaya sangat baik untuk merangsang pertumbuhan gigi si kecil.

Selanjutnya, bersihkan lingkungan tempat bermain si kecil dari benda-benda yang berpotensi membahayakan. Terutama benda-benda kecil yang mungkin saja akan ditemukannya. Usahakan untuk tidak memberikan mainan yang berukuran kecil, karena saat anda lengah, bisa saja si kecil memasukkan mainan tersebut kedalam mulutnya, dan kemudian menelannya.

Jangan lupa untuk selalu memastikan lingkungan si kecil terbebas dari kuman, minimal lingkungan tempatnya bermain terlihat bersih dan rapi. Dengan melakukan beberapa langkah sederhana ini, anda bisa membiarkan si kecil mengekplorasi ruangan dan menuntaskan rasa penasarannya, tanpa harus takut si kecil menelan sesuatu yang berpotensi membahayakannya.

Kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, sebaiknya anda segera membawanya ke dokter terdekat supaya mendapatkan perawatan yang tepat. Dalam kondisi ini, ketenangan dan pemilihan keputusan yang cermat merupakan kunci sukses dalam mengamankan si kecil.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

RestuNusra

terimakasih infonya bunda ^^

ifadatun

like more konicare????

rinramawija

seneng baca nya bikin kita pintar

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved