Bayi

Mengatasi Anak Yang Bertingkah Menjengkelkan

Kalau anda pernah menonton acara Nanny 911, mungkin anda pernah melihat bagaimana tingkah laku anak-anak yang sangat menjengkelkan dan bahkan sanggup membuat kepada anda pecah. Mereka benar-benar sudah tidak bisa diberitahu dengan cara teguran, dan bahkan dengan bentakan.

Kondisi ini mungkin pernah anda alami sendiri di rumah, walaupun memang dalam dunia nyata, kondisinya tidak separah itu. Paling-paling si kecil hanya menolak makan, malas belajar, memaksa untuk membeli sesuatu, dan tindakan lainnya yang sulit untuk anda kuasai.

Pada dasarnya, sikap si kecil yang menunjukkan adanya ketidak setujuan dengan anda sebenarnya sudah diawali sejak dia masih bayi. Dalam usia 1 tahun, si kecil sudah untuk melakukan sesuatu yang menjengkelkan anda dengan cara mereka sendiri, misalnya menolak untuk makan, mengeluarkan makanan yang sudah masuk ke mulutnya, tidak mau mandi dan menolak dengan tangisannya, serta tindakan lainnya yang cukup menjengkelkan.

Pada dasarnya, ketika si kecil masih berusia di bawah 5 tahun, sebenarnya mereka bukannya membangkang, tapi mereka hanya membutuhkan instruksi anda berulang kali. Lantas, bagimanakah cara mengatasi tingkah si kecil yang sudah mulai menjengkelkan?

  • Usahakan untuk tidak memukul, karena tindakan ini hanya memberikan pesan kalau menggunakan kekuatan atau tindakan fisik itu diperbolehkan. Perlu anda ketahui, si kecil masih belum bisa untuk memahami hubungan antara respons anda dengan kesalahan yang telah dia perbuat.
  • Kurangi kata-kata sanggahan seperti tidak atau jangan. Biasanya, anak-anak yang terlalu sering mendengarkan kata-kata sanggahan ini, lama kelamaan akan terbiasa dan akhirnya akan mengabaikan kata-kata ini.
  • Usahakan untuk tidak langsung melunak kalau si kecil menangis. Jika terus menerus terjadi, lama kelamaan si kecil akan menggunakan tangisan ini sebagai senjata kalau keinginan mereka tidak dituruti.
  • Usahakan untuk tetap tenang, karena merespon tindakan si kecil dengan berteriak dan memaki bisa membuat si kecil takut, tapi ingat, tindakan ini tidak akan menjamin si kecil akan berubah.
  • Cobalah untuk memberikan penghargaan ketika si kecil berperilaku baik. Anda bisa memberikan si kecil ciuman, sebuah pelukan atau bisa juga kata-kata pujian ketika dia mendengarkan atau menuruti perintah anda.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

imroatul_mufidah

wah bagus banget tipsnya bun

RestuNusra

trimakasih bunda infonya selalu bermanfaat ^^

anisa_elfaronsie

Terimakasih informasinya,,, saya sebagai bunda sangat terbantu sekali

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved