Bayi

Mengatasi Perut Kembung pada Buah Hati

Perut kembung pada bayi biasanya membuat bayi merasa tidak nyaman, sehingga ia menjadi rewel, lebih sering menangis tanpa alasan, serta mudah merasa gelisah. Perut kembung sendiri bisa terjadi karena saluran pencernaan bayi yang belum berfungsi secara sempurna. Oleh karena itu, penting bagi Ayah dan Bunda untuk mengenali tanda-tanda bayi mengalami perut kembung serta bagaimana cara mengatasinya. Namun, Ayah dan Bunda sendiri tidak perlu tidak perlu khawatir, di bawah ini ada beberapa cara untuk mengatasi perut kembung pada bayi dengan cara yang mudah dan sederhana:


  1. Pijat perut bayi
    Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang paling mudah adalah dengan memijat perutnya searah jaruh jam. Pijatlah dengan lembut menggunakan minyak telon hingga ia juga merasa hangat dan nyaman. Bunda bisa menggunakan Konicare Minyak Telon Extra Lemongrass untuk memijat buah hati, khususnya pada bagian perut. Rasa hangatnya mampu membantu mengurangi rasa kembung pada perut sehingga si kecil bisa merasa lebih tenang. Gerakan memijat dengan lembut ini juga akan membuat badan bayi terasa lebih rileks dan juga nyaman.

  2. Lakukan gerakan sepeda
    Ini juga bisa menjadi cara mengatasi perut kembung pada bayi. Dengan tetap memposisikan anak telentang di kasur, Bunda dapat mengangkat kedua kakinya kemudian ayunkan kedua kaki tersebut seperti gerakan sedang mengendarai sepeda.Gerakan ini menjadi cara mengatasi perut kembung pada bayi yang ampuh, karena dipercaya dapat membantu untuk mengeluarkan gas dari dalam perutnya. Gerakan kaki seperti mengayuh sepeda yang melingkar ini akan menyebabkan gerakan di usus yang dapat membantu melepaskan udara berlebih yang terperangkap di perut.

  3. Sendawakan bayi
    Untuk cara mengatasi perut kembung pada bayi, jangan lupa untuk membantu bayi untuk bersendawa setelah ia usai menyusu. Proses sendawa ternyata dapat mendorong udara yang masuk selama menyusui keluar dari perutnya. Bunda dapat menggendong dan mendekapnya secara tegak dan tunggulah sampai si kecil bersendawa sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi. Selain digendong, Bunda juga bisa menyendawakannya dengan posisi duduk. Pangkulah buah hati, usap-usap punggungnya hingga ia bersendawa.

  4. Tengkurapkan bayi
    Ketika mendapati si kecil kembung, cara mengatasi perut kembung pada bayi juga dapat dilakukan dengan memposisikan anak dalam posisi tengkurap. Posisi ini juga dapat membantu mendorong udara di perut hingga keluar. Bayi yang terlalu lama berbaring juga tidak baik karena dapat menghambat proses pencernaan bayi dan menyebabkan bayi terkena konstipasi atau sembelit.

  5. Lakukan proses menyusui dengan posisi tepat
    Posisikan si kecil agak sedikit tegak agar ASI dapat masuk ke perutnya secara lancar dan tidak banyak udara yang masuk. Ini bisa menjadi salah satu cara Bunda untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Hal yang sama juga dapat Bunda lakukan ketika anak menyusu dengan bantuan botol. Jangan posisikan bayi tidur telentang karena rawan tersedak dan juga bisa menimbulkan masalah di perutnya.

 

Cara-cara di atas bisa Bunda praktikkan pada saat sang buah hati sedang mengalami perut kembung. Kondisi perut kembung ini biasanya akan dialami bayi. Namun, setelah umur 5 bulan tersebut, bayi akan mulai menerima berbagai jenis makanan yang akan membuat saluran pencernaannya akan melakukan penyesuaian sehingga bekerja lebih maksimal. Hal yang terpenting adalah Bunda tetap tenang pada saat anak sedang menunjukkan rasa gelisahnya dan tetap berusaha membuat anak merasa senyaman mungkin. Semoga cara-cara di atas bisa membantu ya, Bun.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

ananoer

sangat bermanfaat

SusiSusanti

thx artikelnya Bunda

Nasywaaa

terima kasib artikelnya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved