Bayi

Membuat Bayi Bersendawa

Ketika menyusu, baik dari botol maupun ASI ibu, tidak hanya susu yang terhisap oleh si bayi. Bersamaan dengan masuknya cairan nutrisi tersebut masuk juga udara kosong. Udara kosong ini dapat membuat bayi merasa penuh karena kembung dan menjadi tidak ingin menyelesaikan minumnya. Itu sebabnya membuat bayi bersendawa merupakan bagian penting dari proses menyusui dan sebaiknya dilakukan setiap:

  • Bayi minum sekitar 50cc susu,
  • Bayi menyusu dari botol
  • atau, setiap 5 menit proses menyusu

Karena sistem pencernaannya yang belum sempurna maka bayi akan menemui kesulitan untuk bersendawa guna mengeluarkan udara yg masuk tadi. Bunda dapat membantu bayi bersendawa dengan 3 posisi:

Posisi bayi menghadap pundak. Gendong bayi dengan kuat di pundak bunda dengan wajah menghadap belakang. Miringkan kepala bayi di pundak anda agar lubang pernafasannya tidak tertutup. Beri tepukan atau usapan lembut pada bagian punggung bayi

Posisi bayi berbaring telungkup di pangkuan. Baringkan bayi tertelungkup di pangkuan anda, lambungnya berada diatas salah satu kaki bunda, sedangkan kepalanya bersandar miring pada kaki bunda yang satunya. Satu tangan memegang tubuhnya dengan kuat sementara tangan satunya menepuk atau mengusap punggung bayi.

Duduk tegak. Dudukkan bayi pada pangkuan, kepala bersandar miring ke depan sementara dada ditahan oleh tangan bunda. Beri tepukan atau usapan lembut pada punggung dan pastikan kepala bayi tidak terdongak ke belakang Biasanya hanya dalam 1-2 menit bayi akan bersendawa, dan bunda dapat melanjutkan proses menyusui atau menidurkan si bayi.

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Alisca

ok

himma

ok thanks

dewiratih

bermanfaat sekali artikelnya, terimakasih bunda konicare

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved