Bayi

Menjaga Imunitas Bayi Disaat Cuaca Tidak Menentu

Ketika cuaca tidak menentu, disaat pagi hari hujan dan setelah sore hari panas terik ataupun sebaliknya tentu tidak menyenangkan bagi kita orang dewasa terlebih lagi pada bayi. Perubahan suhu secara cepat membuat tubuh bayi bekerja keras agar dapat beradaptasi dengan udara sekitar yang berubah-ubah dalam waktu yang singkat, sehingga dapat menurunkan daya tahan tubuh dan berakibat bayi menjadi sakit. Berikut beberapa tips untuk menjaga imunitas bayi tetap stabil disaat cuaca yang tidak menentu:


1. Makanan bernutrisi

Berikanlah ASI sebanyak mungkin pada bayi karena ASI memiliki kekebalan alami yang ampuh untuk menjaga imunitas. Selain itu, untuk MPASI berikanlah bayi makanan bernutrisi seperti puree sup ayam yang dapat menghangatkan tubuh dan mencegah flu. Bunda juga dapat memberikan puree buah yang memilki banyak vitamin untuk daya tahan tubuh. Perbanyak asupan cairan pada bayi agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari dehidrasi.


2. Menjaga kebersihan

Tetaplah menjaga kebersihan rumah guna menghindari perkembangiakan bakteri karena udara lembab yang dapat mengganggu imunitas bayi melalui udara. Kenakan pakaian yang nyaman dan gantilah pakaian bayi dengan pakaian bersih ketika keringat berlebih saat cuaca mulai terasa panas. Biasakan mencuci tangan dengan sabun untuk menghindari kuman berkembang biak.


3. Menjaga tubuh bayi tetap hangat

Saat tiba-tiba hujan dan cuaca dingin, jagalah tubuh bayi agar tetap hangat. Pijat perlahan atau usap dengan lembut bagian tubuh bayi seperti perut, punggung dan telapak kaki bayi dengan minyak kayu putih plus atau minyak telon plus Konicare yang dapat menjaga tubuh bayi tetap hangat dan mencegah kembung serta masuk angin. Gunakanalah pakaian yang agak tebal dan nyaman sehingga bayi tidak menggigil.


4. Istirahat cukup

Sama halnya dengan orang dewasa, waktu istirahat yang cukup dan berkuallitas dapat membuat tubuh bayi menjadi segar. Selain menjaga makan dan kebersihan, cukup istirahat dapat menjaga daya tahan tubuh bayi agar tidak mudah terserang penyakit disaat cuaca tidak bersahabat.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

SUSY

ok

aryfah

makasih infonya

ananoer

tq infonya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved