Bayi

Ini Dia Tahap Perkembangan Bayi Usia 10 Bulan

Bunda, mengamati perkembangan fisik maupun emosionalnya sang buah hati, hari demi hari memang anugerah yang tidak bisa diulang. Semua akan terekam dalam memori Bunda yang akan diingat sampai kapan pun. Tingkah laku, senyum, tertawa bahkan ucapan pertama yang keluar dari bibir mungilnya akan selalu Bunda ingat.

Tanpa terasa, buah hati Bunda kini telah memasuki usia 10 bulan. Pertumbuhannya baik fisik dan emosional juga mengalami perkembangan yang menggembirakan.  Di tahap usia 10 bulan ini pergerakan bayi akan semakin banyak, dan tidak jarang di usianya saat ini banyak Bunda akan mulai kewalahan saat menjaga sang buah hati. Sang bayi sudah mulai pandai mengatur posisi tubuhnya sendiri tanpa bantuan orang lain. 

Tidak hanya itu, di usia yang menginjak 1 tahun ini ia sudah mulai duduk sendiri dan menggubah posisinya tanpa bantuan orang lain. Dalam perkembangannya, sang bayi juga sudah mulai bisa merambat dengan berpegangan dinding atau benda di sekitarnya dan bisa berdiri dengan usahanya sendiri dalam waktu yang cukup lama.

Bayi pun di usia 10 bulan ini, sudah berkeinginan untuk belajar jalan. Jangan ragu untuk melatihnya berjalan dan menatihnya ya Bunda. Ajarkan buah hati Bunda untuk melangkah perlahan-lahan. Dengan demikian perkembangan bayi 10 bulan akan semakin baik dan semakin cepat.

Tidak hanya itu, buah hati Bunda di usianya ini juga lebih aktif melakukan eksplorasi lingkungan sekitarnya. Dia akan mencari benda-benda baru yang ingin dia ambil. Bunda harus cukup memberikan perhatian ekstra, terlebih dengan barang-barang yang ada disekitar nya. Hal ini dimaksudkan agar benda yang dipegangnya tidak berbahaya saat dijadikan tumpuan untuk merambat.

Untuk genggaman jari jemarinya pun kini semakin kuat. Misalnya saja ia kini bisa memegang mainannya dengan baik tanpa terlepas, bahkan dia juga mulai bisa menggerakan mainannya ke kanan dan ke kiri atau ke atas dan ke bawah.

Bunda juga bisa mengajarkan bayi bertepuk tangan saat bernyanyi atau melakukan sesuatu yang membanggakan. Jangan pelit untuk memberikan pujian saat ia berhasil melakukan sesuatu ya Bunda.

Di tahap ini pun bayi akan lebih sulit ditinggal atau digendong oleh orang yang baru dikenalnya. Hal ini dikarenakan, sebagai orang tua Bunda adalah sosok yang sangat dikenalinya sejak ia lahir.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

apti_naira

jd gasabar niy nunggunya skrg bayi saya baru mw 5 bulan ini aja udh bnyk perkembangannya udh paham sm mamanya

zubaidah_yaniarti326

mksh infonya min

princessmerry

info menarik... mnambah pngetahuan...

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved