Bayi

Pelukan dan Gendongan Redakan Bayi Menangis

Orang tua terkadang menjadi panik ketika bayi mereka menangis. Bayi yang menangis dan tidak diatasi dengan baik akan terus-menerus menangis tanpa henti. Satu hal yang pasti sering dilakukan orang tua dan paling mujarab untuk menghentikan bayi yang menangis adalah dengan menggendongnya. Hal ini karena bayi paling senang dipeluk dan digendong. Berdasarkan pengalaman yang ada, telah terbukti bahwa bayi yang menangis ketika digendong oleh ibunya akan segera tenang. Bahkan ilmuwan telah membuktikan bahwa bayi paling senang dipeluk dan digendong oleh ibunya. Penelitian membuktikan bahwa bayi yang digendong oleh ibunya akan memiliki detak jantung yang lebih tenang. Penelitian ini dibuktikan dengan menggunakan alat elektroda, alat monitor gerakan jantung. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa kelembutan dari gendongan dan pelukan orang tua sangat baik untuk menenangkan bayi di masa pertumbuhannya.

Pelukan dan Gendongan Redakan Bayi Menangis

Tangisan dari bayi juga menggambarkan banyak hal. Mengingat bayi belum bisa bicara, maka satu-satunya cara bayi berkomunikasi adalah dengan menangis. Berikut ini adalah alasan mengapa bayi menangis sehingga orang tua dapat mengambil tindakan untuk menenangkannya dengan tepat.

  1. Lapar Untuk mengetahui apakah tangisan bayi tersebut karena lapar adalah dengan mengingat-ingat waktu bayi makan. Jika memang sudah waktunya untuk makan, maka bayi tersebut menangis karena lapar, Bunda bisa langsung menyusui bayi jika usianya berumur di bawah 6 bulan, atau langsung memberinya makanan buat bayi yang usianyanya diatas 6 bulan. Tanda lain dapat dilakukan dengan menempelkan tangan Bunda ke pipi bayi, bayi yang lapar akan menggerakkan kepalanya secara refleks ke arah tangan Bunda.
  2. Buang air Bayi yang sudah buang air tentunya merasa tidak nyaman dengan popoknya. Bayi yang merasa tidak nyaman akan segera menangis untuk meminta popoknya diganti. Untuk mengetahuinya, Bunda bisa mengecek popok bayi apakah bersih atau tidak.
  3. Mengantuk Bayi terkadang merasa resah dan tidak nyaman ketika mengantuk. Hal ini terutama jika bayi merasa terlalu lelah. Untuk menenangkan dan menidurkan bayi, Bunda bisa bernyanyi, menggendong, menyusui atau mengusapnya dengan lembut hingga bayi tertidur.
  4. Ingin dipeluk atau digendong Bayi paling senang dipeluk dan digendong. Sehingga terkadang bayi yang lama ditidurkan di tempat tidur akan menangis karena minta dipeluk atau digendong. Menggendong adalah salah satu cara untuk menciptakan kedekatan emosi Bunda dengan buah hati.
  5. Ada masalah pada perut Bayi yang mengalami masalah di perutnya bisa menangis tanpa henti untuk beberapa hari. Pengobatan untuk bayi yang mengalami masalah perut seperti kolik sangat sulit. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menghindarkan bayi dari makanan yang berasal dari produk susu olahan dan makanan lain yang berpotensi menimbulkan gas dalam perut misalnya saja seperti sayuran kubis. Jika terdapat masalah pada perut, Bunda bisa mengoleskan Konicare Minyak Telon untuk memberikan kehangatan serta mengatasi perut kembung pada bayi. Dapat juga dengan Konicare Minyak Telon Plus yang selain mampu memberi kehangatan juga dapat melindungi bayi dari ancaman gigitan serangga.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

RestuNusra

terimakasih bunda infonya sangat bermanfaat ^^

anisa_elfaronsie

Terimakasih informasinya,,, saya sebagai bunda sangat terbantu sekali

muslikhatun

betul bgt, terimakasih banyak atas informasinya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved