Bayi

Manfaat Metode Bayi Kangguru Untuk Buah Hati

Bun, sudah pernah mendengar metode bayi kangguru belum? Metode Bayi Kangguru diambil  mengadaptasi dari perilaku hewan Kangguru terhadap bayinya yang baru lahir. Biasanya bayi kangguru lahir sangat prematur, karena itu ia disimpan di dalam kantung perut untuk mencegah si Bayi mengalami kedinginan sekaligus mendapatkan susu langsung. Metode ini merupakan metode perawatan Bayi yang melibatkan orang tua yang dilakukan dengan cara memposisikan Bayi di dada Bunda atau Ayah, sehingga terjadi kontak langsung antar kulit orang tua dengan anak. 

Bagi sebagian orang, mungkin belum familiar dengan metode ini, padahal metode ini memiliki beragam manfaat untuk mendukung kesehatan dan juga perkembangan Buah Hati yang lahir prematur.  Berikut adalah rangkuman manfaat dari metode ini yang harus Bunda ketahui : 

1. Membuat Suhu Tubuh Bayi Stabil 

Tahukah Bunda, bayi yang lahir prematur rentan mengalami kedinginan. Hal ini dikarenakan jaringan lemak di dalam tubuhnya yang cenderung tipis sehingga saat melakukan metode kangguru dengan Ayah dan Bundanya, suhu tubuhnya akan tetap stabil dan hangat. Hal ini sama baiknya dengan menjaga si Bayi di inkubator.

2. Meningkatkan Berat Badan Bayi

Bayi yang lahir prematur biasanya memiliki berat badan lahir lebih rendah dan cenderung sulit mencapai berat badan yang ideal. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa Bayi yang sering menggunakan metode kangguru dapat memiliki berat badan ideal dengan cepat. Hal ini dikarenakan sensasi tenang yang ditimbulkan membuat si Bayi memiliki kualitas tidur yang baik sehingga membuat jaringan tubuhnya berkembang dengan baik.

3. Memudahkan Proses Menyusui

Manfaat selanjutnya dari metode bayi kangguru adalah memudahkan si Bayi untuk menerima susu. Posisi kangguru memudahkan Bayi untuk menyusui, karena posisinya ideal serta meningkatkan produksi ASI agar lebih mudah keluar. Konsumsi ASI yang cukup Bayi prematur membantunya menurunkan resiko infeksi, gangguan pencernaan sampai masalah tumbuh kembangnya. 

4. Meningkatkan Imunitas

Selain beberapa manfaat di atas, ternyata metode kangguru juga diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Bayi prematur. Seperti yang kita ketahui, bayi prematur memiliki sistem kekebalan tubuh lebih rendah dibandingkan Bayi biasanya. Karena itu, Imunitas sangat dibutuhkan karena ia rentan terkena serangan virus dan juga bakteri penyebab infeksi. 

Nah, itulah beberapa manfaat yang harus Bunda ketahui dari metode kangguru untuk Buah Hati. Menjaganya tetap sehat dan hangat merupakan langkah terpenting, apalagi saat ia sudah diperbolehkan pulang dan dirawat di rumah. Untuk membuat si Bayi tetap merasa hangat, Bunda juga bisa mengoleskan Konicare Minyak Telon Extra Lemongrass, yang cocok digunakan untuk Bayi sejak usia 0-2 tahun. Oleskan secara merata pada bagian perut, dada, dan punggungnya untuk mencegah perut kembung dan masuk angin, sehingga tubuhnya tetap hangat dan terlindungi. Aroma lemongrassnya yang segar juga membantu Bunda dan si Bayi menjadi lebih tenang dan rileks. 

Jika Bunda dan Ayah memiliki Bayi prematur, jangan segan dan segeralah berkonsultasi ke dokter anak untuk mendapatkan petunjuk yang tepat mengenai metode ini. Bunda dan Ayah punya cerita tentang metode kangguru juga? Share disini ya :)
 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Naya

makasih bundaa

Hafiza_kamila_putri

wah baru tau.terimakasih infonya

ayuningtias31

baaaaagggoooss

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved