Bayi

Mencegah Si Kecil Gumoh

Gumoh adalah keadaan saat si bayi mengeluarkan isi lambung melalui mulut tanpa diikuti kontraksi otot perut. Keadaan ini normal terjadi pada bayi yang masih berumur 16 hingga 20 minggu. Gumoh akan berkurang seiring dengan pertambahan umur si bayi.

Gumoh terjadi karena masih kecilnya ukuran lambung dan belum sempurnanya fungsi kerja katup penutup lambung bayi. Hal ini juga diperparah jika bayi menangis secara terus menerus.

Gumoh normal terjadi pada bayi yang masih berumur 16-20 minggu dan akan berkurang seiring dengan pertambahan usia

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mengurangi intensitas gumoh pada si kecil:

Posisi saat menyusui harus tepat. Pastikan  seluruh bibir bayi menutup puting susu serta daerah berwarna hitam di sekitarnya (aerola) untuk mengurangi udara yang masuk dan tertelan. Jangan memberikan ASI/minum pada bayi dalam posisi tidur terlentang. Posisi yang terbaik adalah agar tetap memosisikan kepala bayi lebih tinggi dari tubuhnya, maka dianjurkan untuk menyusui dengan posisi digendong dalam pelukan. Setelah diberikan ASI, tepuk perlahan punggung bayi sampai bersendawa.

Meskipun terhitung normal, gumoh yang berlebihan dapat menyebabkan komplikasi yang dapat menganggu pertumbuhan si bayi. Maka dari itu , konsultasikan pada dokter jika memang terjadi.

Sumber Foto : Google

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

imroatul_mufidah

terimakasih infonya

RestuNusra

terimakasih bunda infonya sangat bermanfaat ^^

anisa_elfaronsie

Terimakasih informasinya,,, saya sebagai bunda sangat terbantu sekali

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved