Bayi

Melatih Kemampuan Buah Hati Berbicara

Orang tua mana yang tidak merasa gemas saat Buah Hati mulai mengoceh dengan mulut mungilnya, setelahnya Bunda dan Ayah pasti akan merasa tak sabarkan untuk mendengar kata pertama yang akan ia ucapkan. Betul gak, Bun?  

Perkembangan tiap Buah Hati pasti akan berbeda-beda, ada yang berjalan dahulu dan ada yang mulai berbicara dahulu. Keduanya sangat tergantung dengan usia serta tumbuh kembangnya si Kecil sendiri. Namun, sebagai orang tua kita memiliki peran penting dalam membentuk kelancaran si Kecil dalam berinteraksi dan berbicara, dengan mengajari serta memberikan stimulasi sedari dini. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar kemampuan berbicara si Kecil lebih berkembang :

Giat Berkomunikasi Dengan si Kecil

Tak perlu menunggu cukup usia untuk mengajak Buah Hati berbicara. Otak si Kecil mengalami perkembangan pesat sejak ia masih Bayi hingga beranjak besar. Karena itu Bunda dan Ayah bisa sering mengajaknya berbicara sejak usia dini. Mulailah mengenalkan nama-nama benda di sekitarnya dengan cara menunjuk serta memberitahu nama benda tersebut. Dengan sering mengajak si Kecil berbicara akan membantunya lebih komunikatif.

Mengajak Menyanyikan Lagu

Umumnya anak menyukai musik dan gerakan, karena itu Bunda bisa mengajari si Kecil berbicara dengan cara yang menyenangkan salah satunya adalah dengan bernyanyi bersama. Nyanyian memperkaya kosakata si Buah Hati, latihlah ia dengan menirukan nyanyian-nyanyian yang ia sukai. Dengan melakukan secara rutin dan terus menerus akan membuat si Kecil terbiasa mendengarkan dan lambat laun ia akan mencoba menirukan apa yang Bunda nyanyikan untuknya.

Membacakan Cerita atau Dongeng

Membiasakan Buah Hati membaca sejak dini nyatanya bukan hanya menumbuhkan minat membacanya namun juga membantu melatih kosakata berbicaranya. Saat Bunda membacakannya cerita atau dongeng,  Buah Hati akan menyerap dan merekam kata-kata yang diucapkan, sehingga merangsang ia untuk meniru apa yang Bunda ucapkan. Karena itu, tidak ada kata terlambat untuk mengajak ia membaca dongeng ya, Bun terlebih membaca bersama juga akan membangun momen bonding Bunda dan si Kecil.

Agar komunikasi si Kecil semakin lancar dan maksimal, pastikan Bunda juga selalu memperhatikan asupan nutrisi di usia emasnya. Dan agar tubuhnya semakin terlindungi dari masuk angin selama berlatih, jangan lupa Bunda untuk mengoleskannya terlebih dahulu Konicare Minyak Telon Extra Lemongrass. Oleskanlah pada bagian dada, punggung dan telapak kakinya agar ia merasa hangat, aroma segar alaminya juga membantu memberikan rasa tenang dan rileks. Makin semangat deh si Kecil belajar berbicaranya.
 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Triana

Sip nh, perlu sekali diulang2

Hafiza_kamila_putri

terimakasih banyak atas informasinya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved