Bayi

Tips Menjaga Kesehatan Bayi

Menjaga kesehatan bayi merupakan hal yang terlihat mudah namun pada kenyataannya  tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang kita merasa sudah menjaga kesehatan bayi sebaik mungkin  namun bayi tetap terkena penyakit  seperti demam, diare, flu atau batuk. Banyak hal yang bisa menyebabkan bayi mudah sakit. Berikut beberapa cara mejaga bayi agar tidak mudah sakit.

 

1. Menjaga Kebersihan

Manjaga segala sesuatu yang berhubungan dengan bayi agar tetap bersih merupakan kunci utama untuk menjaga kesehatan bayi, mulai dari kebersihan setiap sudut ruangan baik itu kamar tidur maupun ruangan lainnya didalam rumah, pakaian dan peralatan makan yang sebaiknya dicuci menggunakan sabun khusus, kebersihan mainan dan lainnya terutama kebersihan area yang memiliki banyak kontak dengan kuman dan bakteri dari luar separti kamar mandi dan dapur. Pastikan semua sudut bebas bakteri dan virus sehingga bayi tidak mudah terserang penyakit.

 

2. Cuci Tangan

Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun anti bakteri sebelum melakukan kontak langsung dengan bayi ataupun menyentuh segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan bayi, misalnya ketika hendak memberikan susu, makanan, dan mainan maupun setelah mengolah makanan mentah ataupun setelah mengganti popok. Berlakukan hal yang sama kepada siapapun yang hendak memegang bayi anda, untuk mencuci tangannya terlebih dahulu.

 

3. Mandikan dan Jemur Bayi

Mandikan bayi dengan air hangat pada pagi dan sore hari, tidak perlu terlalu lama agar kulit bayi yang masih sangat sensitif tetap terjaga kelembutannya, setelah itu kenakan pakaian yang  nyaman agar tubuh bayi selalu bersih dan segar. Selain dimandikan, bayi juga sebaiknya dijemur di pagi hari selama kurang lebih 10 menit untuk menghangatkan tubuhnya. Sinar matahari pagi mengandung  vitamin D yang baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang bayi.

 

4. Berikan Banyak Cairan

Bayi membutuhkan banyak cairan, jika kekurangan cairan maka aliran darah ke seluruh tubuhnya akan terganggu yang disebut dengan dehidrasi.  kebutuhan air untuk bayi 0-6 bulan sebaiknya hanya berasal dari  ASI sedangkan untuk bayi 6 bulan ke atas selain ASI dapat juga diberikan air putih dan sari buah sebagai sumber cairan bagi tubuhnya.  Asupan air yang cukup dapat membantu bayi terhindar dari berbagai masalah kesehatan dan memperlancar sistem pencernaannya. Berilah cairan yang cukup sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Agustin_nariati

betul sekali sehabis mandi saya selalu menjemur anak saya .. setiap hari rutin saya lakukan.

muslikhatun

good

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved