Bayi

Manfaat Minyak Aromaterapi untuk Bayi

Tahukah Bunda bahwa minyak aromaterapi dapat digunakan untuk memproteksi bayi dari gigitan nyamuk, serangga, dan dapat membantunya tidur dengan nyaman? Tuangkan 2-3 tetes minyak aromaterapi pada difuser atau humidifier pada ruangan dimana bayi Bunda beraktivitas atau beristirahat agar ruangan jadi lebih lembap dan beraroma menenangkan. Selain hal tesebut, masih banyak manfaat minyak aromaterapi yang dapat membantu Bunda dalam merawat si kecil di rumah. Berikut beberapa diantaranya.

Membantu si kecil tidur

Sebelum menggunakan minyak aromaterapi untuk bayi, pastikan Bunda mengecek terlebih dahulu kandungannya. Minyak aromaterapi yang baik bagi bayi adalah olahan minyak yang diekstrak murni tanpa menyertakan kandungan buatan lainnya, termasuk tidak menggunakan bahan kimia, parfum, atau zat adiktif buatan lainnya.

Minyak aromaterapi yang diekstrak secara alami, dari lavender atau bunga kamomil misalnya, memiliki aroma yang menenangkan dan dapat membuat tubuh jadi rileks. Ini sebabnya minyak aromaterapi dianggap dapat membantu si kecil untuk dapat tidur lebih nyenyak, apalagi saat si kecil sedang sakit dan jadi rewel karena sulit tidur. Menggunakan minyak aromaterapi bisa menjadi solusinya.

Bunda cukup menyediakan air panas di sebuah mangkok, lalu masukan dua tetes minyak aromaterapi ke dalamnya. Letakkan mangkok air panas dengan minyak aromaterapi di dekat tempat tidur bayi, agar uap panas yang mengandung aromaterapi dapat tercium oleh sang bayi. Bayi yang Bunda timang akan jadi lebih rileks dan mudah tertidur. Meneteskan dua tetes minyak aromaterapi ke alat difuser juga bisa dilakukan agar si kecil bisa lebih cepat tidur.

Mengatasi pilek

Minyak aromaterapi juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pilek pada bayi dengan cara melembapkan udara ruangan dengan humidifier yang diberi minyak aromaterapi. Ruang yang lembap membuat virus mati lebih cepat, sementara wangi minyak aromaterapi dapat membuat si kecil rileks dan tertidur lebih nyenyak.

Beberapa jenis minyak aromaterapi ada juga yang memiliki sifat anti virus. Salah satu contohnya adalah minyak aromaterapi melaleuca (tea tree). Menggunakan minyak aromaterapi tea tree pada difuser membantu ruangan tempat istirahat sang bayi jadi lebih bersih.

Sementara minyak aromaterapi dari ekstrak peppermint dapat diandalkan sebagai dekongestan alami atau bahan alami yang dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Membuat jalur pernafasan jadi lebih terbuka sehingga bayi dapat bernafas dengan nyaman.

Menghangatkan tubuh

Manfaat minyak aromaterapi yang terakhir untuk bayi adalah untuk menghangatkan tubuh. Beberapa jenis minyak aromaterapi seperti minyak aromaterapi dari ekstrak bunga kamomil, lavender, peppermint, dan tea tree mengandung sineol yang bisa memberikan rasa panas pada kulit.

Panas yang dihasilkan dari minyak aromaterapi tidak begitu tinggi, sehingga masih cukup aman untuk dioleskan ke tubuh si kecil. Minyak aromaterapi yang dapat menghangatkan tubuh ini juga sering dimanfaatkan sebagai pelumas untuk melakukan baby massage agar membuat tubuh bayi jadi lebih rileks.

Mencegah masuk angin

Karena fungsi memberikan rasa hangat di kulit tadi, minyak aromaterapi juga banyak diandalkan untuk mencegah masuk angin pada bayi. Minyak aromaterapi dapat segera dioleskan pada tubuh si kecil begitu ia selesai dimandikan dan sudah dikeringkan terlebih dulu badannya.

Karena sistem daya tahan tubuh si kecil yang belum kuat sepenuhnya, tidak heran kalau kedinginan sedikit saja dapat membuatnya masuk angin, kembung, bahkan sakit. Dengan memanfaatkan minyak aromaterapi, Bunda dapat terbantu untuk menghangatkan tubuh si kecil sekaligus melindunginya dari kondisi-kondisi yang memungkinkan ia jatuh sakit tadi.

Mencegah gigitan serangga

Minyak aromaterapi tidak hanya dimanfaatkan untuk mencegah gigitan nyamuk dan serangga lain saja, tetapi juga untuk mengobati kulit dari gigitan serangga. Gigitan serangga pada bayi akan membuatnya merasa tidak nyaman, karena selain terasa sakit diawalnya, bekas gigitan tersebut juga pada umumnya terasa gatal. Kulit jadi terlihat kemerahan dan mengalami iritasi.

Minyak aromaterapi dari ekstrak basil atau lavender misalnya. Minyak aromaterapi ini memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan. Itu berarti, menggunakan minyak ekstrak basil atau lavender dapat membantu Bunda mencegah sekaligus meredakan kemerahan dan rasa gatal akibat gigitan serangga tadi.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

ifadatun

Alhamdulillah ketemu artikel yg ngebantu bangetttt kek gini❤

treeika

nice artikel

Widya

ia ini sangat efektif bgt

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved