Bayi

Manfaat Minyak Aromaterapi untuk Bayi

Tahukah Bunda bahwa minyak aromaterapi dapat digunakan untuk memproteksi bayi dari gigitan nyamuk, serangga, dan dapat membantunya tidur dengan nyaman? Tuangkan 2-3 tetes minyak aromaterapi pada diffuser atau humidifier pada ruangan dimana bayi Bunda beraktivitas atau beristirahat agar ruangan jadi lebih lembap dan beraroma menenangkan. Selain hal tersebut, masih banyak manfaat minyak aromaterapi yang dapat membantu Bunda dalam merawat si kecil di rumah. Berikut beberapa diantaranya.

Membantu si kecil tidur

Sebelum menggunakan minyak aromaterapi untuk bayi, pastikan Bunda mengecek terlebih dahulu kandungannya. Minyak aromaterapi yang baik bagi bayi adalah olahan minyak yang diekstrak murni tanpa menyertakan kandungan buatan lainnya, termasuk tidak menggunakan bahan kimia, parfum, atau zat adiktif buatan lainnya.

Minyak aromaterapi yang diekstrak secara alami, dari lavender atau bunga kamomil misalnya, memiliki aroma yang menenangkan dan dapat membuat tubuh jadi rileks. Ini sebabnya minyak aromaterapi dianggap dapat membantu si kecil untuk dapat tidur lebih nyenyak, apalagi saat si kecil sedang sakit dan jadi rewel karena sulit tidur. Menggunakan minyak aromaterapi bisa menjadi solusinya.

Bunda cukup menyediakan air panas di sebuah mangkok, lalu masukan dua tetes minyak aromaterapi ke dalamnya. Letakkan mangkok air panas dengan minyak aromaterapi di dekat tempat tidur bayi, agar uap panas yang mengandung aromaterapi dapat tercium oleh sang bayi. Bayi yang Bunda timang akan jadi lebih rileks dan mudah tertidur. Meneteskan dua tetes minyak aromaterapi ke alat diffuser juga bisa dilakukan agar si kecil bisa lebih cepat tidur.

Mengatasi pilek

Minyak aromaterapi juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pilek pada bayi dengan cara melembapkan udara ruangan dengan humidifier yang diberi minyak aromaterapi. Ruang yang lembap membuat virus mati lebih cepat, sementara wangi minyak aromaterapi dapat membuat si kecil rileks dan tertidur lebih nyenyak.

Beberapa jenis minyak aromaterapi ada juga yang memiliki sifat anti virus. Salah satu contohnya adalah minyak aromaterapi melaleuca (tea tree). Menggunakan minyak aromaterapi tea tree pada diffuser membantu ruangan tempat istirahat sang bayi jadi lebih bersih.

Sementara minyak aromaterapi dari ekstrak peppermint dapat diandalkan sebagai dekongestan alami atau bahan alami yang dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Membuat jalur pernafasan jadi lebih terbuka sehingga bayi dapat bernafas dengan nyaman.

Mencegah gigitan serangga

Minyak aromaterapi tidak hanya dimanfaatkan untuk mencegah gigitan nyamuk dan serangga lain saja, tetapi juga untuk mengobati kulit dari gigitan serangga. Gigitan serangga pada bayi akan membuatnya merasa tidak nyaman, karena selain terasa sakit diawalnya, bekas gigitan tersebut juga pada umumnya terasa gatal. Kulit jadi terlihat kemerahan dan mengalami iritasi.

Minyak aromaterapi dari ekstrak basil atau lavender misalnya. Minyak aromaterapi ini memiliki sifat anti inflamasi atau anti peradangan. Itu berarti, menggunakan minyak ekstrak basil atau lavender dapat membantu Bunda mencegah sekaligus meredakan kemerahan dan rasa gatal akibat gigitan serangga tadi.

Alternatif dari minyak aromaterapi

Begitu banyak manfaat dari minyak aromaterapi yang bisa Bunda dan sang buah hati rasakan. Tidak perlu bingung bila Bunda kehabisan minyak aromaterapi favorit atau tidak bisa membelinya karena stok habis, gunakan saja Konicare Minyak Telon Plus yang memiliki aroma khas telon yang disukai bayi.

Masukkan 10 tetes Konicare Minyak Telon Plus ke dalam diffuser untuk menenangkan dan melegakan pernafasan bayi, terutama bila si kecil sedang sakit batuk atau pilek. Bagi Bunda yang tidak memiliki diffuser, siapkan saja baskom berisikan air panas dan teteskan Konicare Minyak Telon Plus untuk khasiat yang sama.

Atau Bunda juga bisa menggunakan varian terbaru dari Konicare yaitu Konicare Minyak Telon Extra Lemongrass yang bisa dijadikan alternatif untuk minyak aromaterapi. Dengan wangi alami lemongrass bisa membantu si Kecil dan Bunda lebih relax.

Nikmati setiap manfaat minyak aromaterapi dengan rangkaian varian Konicare Minyak Telon, tersedia juga dalam ukuran kecil agar praktis untuk dibawa ke mana saja. Bayi tenang, Bunda pun bisa rileks sambil melakukan aktivitas sehari-hari.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

mamany

terimakasih infonya. .

terima kasih konicare

Makasih infonya Konicare

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved