Bayi

Makanan Padat Pertama Untuk Bayi

Memberikan makanan pertama untuk bayi perlu dipilih dengan baik. Pertimbangan pertama yang perlu dipikirkan adalah mengenai tekstur makanan. Makanan pendamping ASI yang pertama diberikan kepada bayi sebaiknya adalah makanan yang mudah dikunyah dan ditelan yaitu makanan yang mempunyai tekstur sangat lembut serta dapat dengan mudah menetes ketika dituang dari sendok. Makanan padat pertama untuk bayi sebaiknya di awal hanya berasal dari satu bahan makanan. Makanan padat pertama pada bayi dapat berupa sereal, karena teksturnya dan sifat karakter sereal yang mudah diproses oleh pencernaan bayi. Selain itu makanan padat pertama untuk bayi juga dapat berupa buah atau sayur. Buah dan sayur memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Memberikan Makanan Padat Pertama untuk Bayi

Berikut ini adalah pilihan bahan makanan yang dapat menjadi makanan padat pertama untuk bayi;

Sereal

Pilihlah sereal yang termasuk dalam kategori single grain. Contoh dari makanan sereal single grain adalah beras, barley serta oat. Beras yang direkomendasikan adalah beras jenis coklat organik. Dapat juga dipih sereal yang telah ditambahkan zat besi sehingga mampu menambah gizi buat bayi. Hindari pemilihan sereal yang berasal dari gandum, sereal jenis ini berpotensi menimbulkan adanya alergi pada bayi. Penyajian, haluskan sereal dan campur dengan ASI atau air sehingga memiliki tekstur yang lembut.

Pisang

Buah pisang memiliki kemampuan untuk melindungi selaput lendir atau mukasi pada lambung serta membantu proses pencernaan. Selain itu buah pisang juga mengandung zat vitamin C dan A, asam folat, fosfor, potassium, selenium, kalsium serta magnesium yang baik untuk tumbuh kembang bayi. Pisang memiliki rasa manis yang alami sehingga dapat melatih bayi untuk mengenal rasa selain ASI.

Alpukat

Alpukat merupakan pilihan makanan padat yang sangat baik untuk bayi. Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yaitu lemak baik yang berguna bagi pertumbuhan bayi. Selain itu terdapat juga nutrisi esensial yang terdiri dari vitamin C, A, B3 (niasin) serta asam folat, fosfor, potassium, zat besi, kalsium dan magnesium. Alpukat juga memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna oleh pencernaan bayi.

Pir

Buah ini selain memiliki rasa yang lezat alami juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Pir banyak memiliki kandungan vitamin C dan A. Terdapat pula kandungan asam folat, fosfor, potassium, kalsium serta magnesium. Untuk membuat pir mudah dicerna, buah pir dapat dihaluskan dengan bantuan blender dan dicampur dengan air.

Ubi

Ubi memiliki rasa manis yang khas. Dapat direbus kemudian dihancurkan agar lembek dan mudah dimakan. Ubi memiliki kandungan zat yang baik buat bayi seperti potassium, sodium, fosfor, vitamin A dan C, magnesium, selenium dan kalsium.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

muslikhatun

pas usia anakku untuk MPASI

zubaidah_yaniarti326

variasi nya banyak y

dwi_arum_nofayanti410

bisa d tiru

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved