Bayi

Kapan Makanan Bayi Boleh Pakai Gula & Garam?

Bagi kita, makan tanpa rasa asin yang berasal dari garam dan manis yang berasal dari gula, akan terasa kurang nikmat. Tapi hal ini berbeda dengan bayi, dimana mereka ternyata masih bisa hidup normal, walaupun tanpa garam dan gula tambahan. Hal tersebut karena makanan yang mereka konsumsi sudah mengandung garam dan gula yang sesuai dengan kebutuhannya.

Terlebih, dari beberapa penelitian menyebutkan kalau asupan garam yang berlebih sejak usia dini, akan terkait dengan risiko terkena hipertensi. Sedangkan asupan gula berlebih, akan terkait dengan risiko obesitas, penyakit diabetes dan penyakit jantung di usia yang relatif lebih muda.

Makanan sehat modal pertumbuhan si kecil

Untuk anak yang berusia enam bulan keatas, anda bisa memberikan makanan MP-ASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu. Dengan catatan, dalam usia ini, ASI harus lebih dominan sampai anak berusia satu tahun. Selain itu, MP-ASI yang baik hendaknya tidak mengandung garam dan gula tambahan, serta sebaiknya anda membuatnya sendiri.

Lantas bagaimana dengan makanan bayi instan? Anda bisa memberikan makanan bayi instan ini hanya dalam kondisi kepepet saja, misalkan ketika anda bepergian jauh. Tapi untuk sehari-hari, anda sangat disarankan untuk membuat makanan bayi dengan menggunakan berbagai bumbu alami.

Kapan si kecil boleh diberikan makanan yang mengandung gula dan garam?

Untuk anak yang berusia diatas satu tahun, anda sebenarnya sudah mulai bisa untuk memberi garam dan gula, dengan jumlah yang sangat sedikit. Setelah itu, biasakan untuk mebimbing si kecil membersihkan giginya, minimal dengan cara berkumur atau menggosok gigi.

Kebiasaan makan sehat merupakan salah satu modal dasar untuk terbentuknya pola makan sehat ketika dewasa nanti. Selain itu, cobalah untuk memberikan penyuluhan kepada si kecil kalau makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang merupakan makanan yang harus mereka konsumsi.

Untuk membaut mereka tertarik dengan makanan sehat ini, anda bisa mendesain makanan ini semenarik mungkin, dengan campuran warna-warni yang menarik, misalnya dengan membentuk roti seperti orang yang sedang tersenyum, atau memberikan mereka piring makanan dengan tema super hero atau tokoh favorit mereka.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

RestuNusra

terimakasih bunda infonya sangat bermanfaat sekali ^^

anisa_elfaronsie

Terimakasih informasinya,,, saya sebagai bunda sangat terbantu sekali

chulizt_widodo

betul , setuju sekali

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved