Bayi

Hal-hal yang perlu Bunda Ketahui seputar Pertumbuhan Rambut Buah Hati

“Rambut adalah mahkota”
Begitulah istilah populer yang seringkali kita dengar.
Tak jarang istilah ini membuat orang tua berharap agar rambut buah hatinya tumbuh dengan sehat dan lebat sehingga mahkotanya terlihat semakin indah.

Namun, yang perlu Bunda pahami adalah tidak semua bayi memiliki rambut yang lebat. Ada berbagai faktor yang memengaruhi kondisi rambut, salah satunya adalah genetik. Selain itu, penting juga untuk dipahami bahwa pertumbuhan rambut setiap anak tidaklah sama. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Bunda ketahui seputar pertumbuhan rambut si kecil:

  1. Genetik menentukan kondisi rambut
    Warna dan tekstur rambut bayi ditentukan oleh genetik. Sehingga rambut si bayi tidak akan jauh berbeda dari rambut Ayah dan Bunda. Jika Ayah dan Bunda berambut tipis, maka besar kemungkinan si kecil akan memiliki rambut yang tipis. Begitu pun jika Ayah dan Bunda berambut tebal, kemungkinan besar si kecil juga akan memiliki rambut yang tebal.

  2. Pertumbuhan rambut tiap bayi berbeda
    Bunda perlu tahu bahwa proses pertumbuhan rambut setiap bayi berbeda. Rambut bayi sejak lahir akan rontok secara perlahan selama 6 bulan pertama. Kemudian rambut bayi akan tumbuh dengan tekstur dan warna yang berbeda dari sebelumnya. Rambut baru ini akan tumbuh antara 9-12 bulan. Meskipun begitu, ada beberapa bayi yang belum mempunyai banyak rambut atau masih gundul saat berumur 12 bulan.

  3. Bayi juga bisa botak
    Kebotakan pada bayi biasanya terjadi di bagian belakang kepala yang disebabkan oleh posisi tidurnya. Rambut bagian kepala yang bergesekan dengan bantal kemungkinan besar akan menipis.

  4. Bayi hanya cocok menggunakan sampo bayi
    Semua bagian tubuh bayi masih sangat sensitif, termasuk kulit kepala. Jadi, pastikan Bunda menggunakan sampo khusus bayi untuk merawat kepala dan rambutnya. Sampo bayi yang digunakan sebaiknya mengandung bahan alami, dengan formula yang lembut, sudah teruji secara klinis sehingga aman bagi kulit bayi yang masih sensitif, serta tidak pedih di mata. Namun, perlu diperhatikan juga untuk tidak berlebihan menggunakan sampo karena justru bisa membuat kulit kepala kering dan gatal. Sehingga perlu memilih sampo dengan kandungan yang dapat membantu melembapkan kulit kepala agar tidak kering.

  5. Hair lotion membantu merangsang pertumbuhan rambut
    Untuk merangsang pertumbuhan rambut si kecil, salah satu yang bisa Bunda lakukan adalah dengan menggunakan lotion rambut khusus bayi. Lotion rambut membantu menutrisi kulit kepala bayi, sehingga bisa merangsang pertumbuhan rambut, mencegah kerusakan sekaligus menjaga kesehatan rambut. Salah satu hair lotion yang bisa Bunda gunakan adalah Konicare Natural Baby Hair Lotion yang mampu merawat pertumbuhan rambut bayi, sehingga tampak hitam dan lebat.

 

Bunda tidak perlu risau jika si kecil lahir dengan kondisi rambut yang tidak lebat. Yang perlu Bunda lakukan adalah dengan terus memberikan mereka perawatan rambut yang tepat, seperti rutin mencuci rambut saat si kecil mandi dengan menggunakan Konicare Natural Baby Bath 2 in 1 dan memberikan nutrisi yang cukup, serta menggunakan hair lotion seperti Konicare Natural Baby Hair Lotion yang dilengkapi bahan alami Aloe Vera, Seledri, dan Kemiri agar pertumbuhan rambut si kecil lebih optimal, tampak lebih hitam, dan lebat.

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved