Bayi

Cara Menggunakan Minyak Telon yang Benar untuk Bayi

Setelah dilahirkan, bayi membutuhkan perawatan. Bunda perlu menyiapkan beberapa hal penting untuk digunakan, termasuk minyak telon bayi. Produk bayi satu ini penting untuk Bunda gunakan karena manfaatnya yang dapat menjaga kehangatan dan sensitivitas kulit buah hati. Meski bermanfaat, Bunda tidak boleh sembarangan menggunakannya. Lantas, bagaimana cara menggunakan minyak telon yang benar untuk bayi? Yuk, simak informasi di bawah ini!

Oleskan pada beberapa bagian tubuh bayi saja

Penggunaan minyak telon bayi yang benar tentu saja tidak dengan mengoleskannya di seluruh bagian tubuh bayi. Minyak telon bayi memang berfungsi memberikan kenyamanan pada bayi sepanjang hari, membantunya untuk dapat tidur dengan tenang. Namun, bukan berarti Bunda boleh menggunakannya berlebihan. Agar bayi mendapatkan manfaat minyak telon dengan maksimal, oleskan saja pada area perut, dada, telapak kaki, punggung, dan bagian leher. 

Bagian tubuh bayi tersebut merupakan area terbuka dan mempunyai pembuluh darah yang halus di bagian bawah permukaan kulit bayi. Oleh karena itu, penggunaan minyak telon bayi pada area-area tersebut dapat membantu melancarkan peredaran darah bayi. Bayi yang menggunakan minyak telon akan merasa lebih hangat. Oleskanlah minyak telon pada area-area tersebut untuk membuat bayi yang rentan terhadap suhu dingin selalu hangat ya, Bunda.

Jangan oleskan pada bagian tubuh bayi yang sensitif

Seperti sudah sempat disebutkan sebelumnya, tidak semua bagian tubuh bayi baik untuk dioleskan minyak telon. Oleh karena itu, Bunda juga harus mengetahui bagian tubuh bayi mana saja yang sebaiknya dihindari dari penggunaan minyak telon bayi. Bagian tubuh bayi yang harus Bunda hindari adalah bagian sekitaran wajah, khususnya daerah sekitar hidung, mata, serta pada bagian telapak tangan bayi.

Minyak telon bayi memang menawarkan aroma serta efek kehangatan yang baik bagi bayi. Namun, bukan berarti Bunda bisa mengoleskannya pada bagian-bagian tubuh bayi yang sangat sensitif tersebut. Karena sensitif, efek yang dihasilkan dari pengaplikasian minyak telon pada bagian-bagian tubuh bayi tersebut bisa cukup berisiko. Selain itu, Bunda juga sebaiknya tidak mengoleskan minyak telon pada kulit bayi yang sedang ruam atau mengalami iritasi.

Saat yang tepat menggunakan minyak telon bayi

Penggunaan minyak telon sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, Bunda. Namun, penting bagi Bunda untuk mengetahui saat-saat terbaik untuk menggunakan minyak telon. Saat yang baik tersebut di antaranya adalah setelah memandikan bayi dan saat udara memang sedang dingin. Minyak telon yang merupakan gabungan dari tiga jenis minyak, yaitu minyak adas, minyak kayu putih, dan minyak kelapa sangat ampuh memberikan kehangatan yang dibutuhkan bayi.

Volume pemakaian minyak telon bayi

Bagaimana dengan volume pemakaian minyak telon sendiri? Jawabannya adalah tergantung pada kebutuhan bayi, Bunda. Bunda bisa menggunakan minyak telon pada bayi sebagai penghangat kapan pun Bunda mau. Misalnya untuk memberikan perlindungan dari gigitan nyamuk. Hal ini aman untuk dilakukan mengingat pada umumnya minyak telon terbuat dari bahan alami yang tidak membahayakan bagi bayi.

Namun demikian, umumnya Bunda dapat menggunakan minyak telon bayi sebanyak empat kali dalam sehari. Bunda bisa menggunakan pada pagi hari saat bayi mandi pagi, saat makan siang dan bermain, saat setelah mandi sore, dan saat malam hari ketika bayi tidur. Dengan menggunakan minyak telon dengan volume yang tepat, Bunda telah memberikan perlindungan maksimal kepada bayi.

 

Pastikan Bunda menggunakan minyak telon bayi dengan cara yang benar seperti dijelaskan di atas agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal. Pastikan juga Bunda menggunakan minyak telon yang tepat seperti Minyak Telon Konicare yang mampu memberikan rasa hangat serta meredakan perut kembung pada bayi. Bunda bisa mengunjungi website www.bundakonicare.com untuk mengetahui berbagai produk Konicare lainnya!

 

Photo Credit: Pexels

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved