Bayi

5 Stimulasi Agar Si Kecil Cepat Berjalan

Umumnya, kemampuan berjalan anak sudah mulai terlihat di tahun pertama. Secara bertahap, anak akan mulai mengembangkan koordinasi dan kekuatan otot tubuh yang diawali dengan belajar duduk, berguling, berdiri, hingga akhirnya bisa berjalan.

 

Namun, yang perlu Bunda ketahui adalah perkembangan kemampuan setiap anak berbeda-beda. Jadi jangan panik apabila si kecil belum bisa berjalan di usianya yang menginjak 1 tahun, karena normalnya, anak bisa mulai berjalan di usia 9-18 bulan.

Bunda bisa terus memberikan stimulasi atau latihan yang dapat membantu agar anak cepat berjalan sendiri sesuai usia perkembangannya. Yuk, simak cara-cara berikut ini!

 

  1. Bantu belajar mengangkat diri

Otot-otot tubuh bayi sudah lebih kuat dimulai saat berusia 8 bulan. Di fase ini, ia memiliki rasa penasaran yang besar, sehingga akan mencoba mengangkat dirinya sendiri. Bunda bisa mulai mengajarkannya keseimbangan dengan membantu menarik tubuhnya saat sudah bersiap dalam posisi untuk berdiri.

 

  1. Belajar berdiri tegak tanpa bantuan

Setelah belajar berdiri dengan bantuan Bunda, cobalah perlahan untuk melepaskan pegangan Bunda saat si kecil berdiri dan menjejakkan kedua telapak kakinya tanpa bantuan selama setengah menit sambil tetap menjaganya.

 

  1. Berlatih di dalam kolam

Bunda juga bisa mengajari anak berjalan di dalam kolam plastik berisi air atau bola-bola kecil. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga membuat si kecil merasa lebih ringan saat berjalan dan meminimalisir rasa sakit bila terjatuh.

 

  1. Berikan mainan dorong

Bunda bisa memberi mainan yang bisa didorong sebagai alat bantu si kecil untuk belajar berjalan.

 

  1. Pancing dengan mainan

Untuk merangsang agar anak mau berjalan, Bunda bisa memancingnya dengan mainan. Letakkan mainan favorit si kecil dalam jarak tertentu dan biarkan ia meraihnya walau sambil berpegangan dengan benda-benda di sekelilingnya.

 

Saat belajar berjalan, sesekali mungkin ia akan terjatuh. Terus beri stimulasi dan iringi juga dengan motivasi agar ia makin berani dan percaya diri untuk mengambil langkah pertamanya.

Pastikan juga anak berada di lingkungan yang aman agar ia bisa berjalan dengan mudah. Singkirkan benda yang mudah pecah dalam jangkauan anak. Selain itu, pastikan area anak belajar berjalan bersih. Bunda bisa menggunakan Konicare Sanitizer Spray yang tidak hanya efektif untuk membersihkan tangan, tapi juga memastikan ruangan agar tetap steril, higienis dan bebas dari kuman serta bakteri. Gunakan juga Konicare Multipurpose Sanitizer Spray untuk menjaga kebersihan mainan anak. Dengan formula food grade, lebih aman bagi si kecil.

 

Poin mana yang sudah pernah Bunda terapkan saat mengajari si kecil berjalan?

 

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved