Bayi

Cara Tepat Atasi Hidung Tersumbat Bayi

Ketika bayi mengalami hidung tersumbat, bayi akan kesulitan bernapas sehingga membuat bayi menjadi rewel.

Atasi Hidung Tersumbat Bayi (2)

Berikut ini adalah tips yang bisa digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

  1. Konsumsi larutan garam Larutan air garam merupakan larutan yang dapat membantu mencairkan ingus yang menyumbat hidung, membantu melancarkan pernapasan pada hidung yang tersumbat serta membuat kelembaban alami di selaput yang ada di bagian dalam hidung kembali seperti semula. Untuk membuat larutan garam ini, Bunda dapat membuatnya dengan mencampur garam sebanyak satu sendok teh dengan air hangat sebanyak satu gelas. Larutan tersebut kemudian dimasukkan dalam botol yang dapat digunakan untuk semprotan hidung. Selain itu dapat juga menggunakan pipet yang dikhususkan untuk bayi. Kemudian teteskan larutan ini dua kali di setiap lubang hidung. Lakukan hal ini 3 kali dalam satu hari. Ingus yang ada di hidung akan menjadi lebih encer sehingga lebih mudah dikeluarkan.
  2. Penguapan yang alami Cara lain untuk mengatasi hidung yang tersumbat adalah menggunakan cara penguapan atau disebut juga inhalasi. Inhalasi juga dapat dilakukan secara sederhana di rumah menggunakan uap panas yang sebelumnya telah ditetesi dengan Konicare Minyak Telon. Ember kecil yang telah diisi dengan air panas dan Konicare Minyak Telon tersebut diletakkan di sudut kamar. Kemudian, biarkan uap memenuhi ruangan untuk dihirup bayi. Uap tersebut akan membantu bayi melegakan hidungnya. Selain itu, Bunda juga dapat menggendong bayi pada posisi bayi menelungkup dan posisikan wajah bayi di atas ember yang terisi uap hangat agar bayi dapat dengan mudah menghirup uap tersebut.
  3. Menghangatkan bayi Hidung tersumbat dapat terjadi salah satunya karena bayi merasa kedinginan. Untuk membantu melegakan pernapasan hidung bayi serta membuat bayi merasa nyaman, Bunda bisa menghangatkan bayi dengan memandikannya di air yang hangat, menjemur bayi di matahari pagi atau mengolesi badan bayi menggunakan Konicare Minyak Telon pada bagian dada, punggung dan telapak kaki sambil dipijat dengan lembut.
  4. Memijat hidung bayi Memijat bagian hidung bayi dengan lembut di bagian atas hidung serta alis menggunakan Konicare Minyak Telon, dapat membantu meredakan hidung bayi yang tersumbat. Jika ingin mengeluarkan lendir, Bunda dapat memberikan tekanan yang lembut menggunakan alat seperti cotton bud maupun sapu tangan di lubang hidung bayi. Perlu diingat untuk tidak memasukkan cotton bud ke hidung bayi terlalu dalam.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

imroatul_mufidah

nice info bun

RestuNusra

terimakasih bunda infonya sangat bermanfaat ^^

anisa_elfaronsie

Terimakasih informasinya,,, saya sebagai bunda sangat terbantu sekali

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved