Bayi

Cara Mudah Lebih Dekat Si Buah Hati

Bonding atau kedekatan antara orangtua dengan bayi, biasanya akan terjalin semenjak bayi dalam kandungan. Tapi ada juga orangtua yang baru merasakan kedekatan anaknya setelah cukup lama, bahkan bonding bisa saja baru terjalin ketika si kecil sudah mulai tumbuh.

Banyak alasan kenapa kedekatan yang harusnya mudah didapatkan antara orantua dan bayi, justru malah menjauh. Dari mulai proses persalinan yang terlalu melelahkan, akibat kondisi hormon yang berubah pasca melahirkan, timbulnya trauma akibat proses persalinan yang menyakitkan atau dianggap menakutkan, dan bahkan ini bisa diakibatkan karena si bayi yang baru lahir tidak selucu gambar yang tersebar di majalah.

Jika kondisi ini yang sekarang anda rasakan, inilah yang harus anda lakukan sebagai orangtua untuk mengatasinya.

Penuhi kebutuhan Anda

Cobalah untuk sedikit memberikan hadiah kepada diri sendiri pasca proses persalinan yang melelahkan. Lupakan semua permasalahan yang ada, lupakan masalah susu, lupakan masalah biaya rumah skait, dan lupakan juga masalah pekerjaan yang selama ini membelit anda. Saat ini, anda sangat membutuhkan istirahat dan tidur si samping si kecil. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain untuk mengurusi semua tugas rumah tangga seperti mencuci, memasak dan lainnya.

Batasi tamu

Jika anda melahirkan di rumah sakit, mintalah pihak rumah sakit untuk memastikan supaya tamu yang akan berkunjung, hanya boleh diterima di jam besuk saja. kalau anda tidak ingin mengecewakan mereka, cobalah untuk meminta suami dan orangtua untuk mengajak ngobrol tamu ketika anda beristirahat. Kalau tubuh sudah kembali letih, sempatkan untuk menelpon tamu yang tidak sempat anda temui untuk berterimakasih dan meminta maaf karena anda harus istirahat.

Rawat bayi Anda

Untuk menumbuhkan rasa cinta dan memperkuat ikatan batin antara anda dan si kecil, cobalah meminta pihak rumah sakit untuk lebih banyak membawa si kecil kepangkuan anda. Gendong dan susui si kecil langsung dari payudara anda. Selain itu, ganti popoknya dan mandikan si kecil dengan tangan anda. Kalau memang anda belum berani, cobalah untuk menemani si kecil ketika dimandikan atau ketika popoknya sednag dibanti oleh babysitter atau perawat.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

lily09

thx

imroatul_mufidah

bener nih

RestuNusra

terimakasih bunda infonya selalu bermanfaat ^^

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved