Bayi

Cara Membersihkan Hidung Bayi

Bayi yang sehat merupakan dambaan setiap orang tua, untuk mendapatkan ini, anda bisa memulai dengan menjaga kebersihan seluruh bagian tubuh si kecil, termasuk telinga dan hidung. Beberapa ahli kesehatan menyebutkan, hidung pada dasarnya mempunyai kemampuan untuk membersihkan diri, tapi ini jangan anda jadikan alasan untuk membiarkan hidung bayi kotor tanpa ada upaya pembersihan apa-apa.

Berikut merupakan beberapa cara untuk membersihkan hidung si kecil dengan mudah dan aman.

Larutan pembersih hidung

Untuk anda yang ingin cara instan, anda bisa menggunakan larutan pembersih hidung yang saat ini sudah tersedia di apotek. Cara penggunaannya, baringkan bayi, kemudian miringkan sedikit kepalanya. Setelah itu, semprotkan larutan pembersih hidung tersebut 2 sampai 3 tetes pada masing-masing lubang hidung.

Anda jangan khawatir kalau ternyata si Kecil bersin dan mengeluarkan kembali larutan tersebut, karena bagaimanapun juga pasti ada sebagian larutan yang terus masuk pada jalan napas sikecil. Kalau ada kotoran yang tertumpah keluar, sebaiknya anda segera menyekanya dengan tisu atau lap bersih.

Balon semprot

Aspirator hidung atau balon semprot bisa anda jadikan alternatif untuk membersihkan hidung si kecil, untuk alat yang satu ini, sebaiknya anda membeli balon semprot yang sesuai dengan ukuran hidung bayi. caranya sangat mudah, baringkan si kecil supaya terlentang, setelah itu remas balon untuk mengeluarkan udara.

Sementara anda masih meremas, anda masukkan ujung balon tersebut secara perlahan pada lubang hidung si kecil. Setelah itu, lepaskan tekanan balon dan tarik keluar balon semprot tersebut. Bersihkan kotoran yang menempel pada balon tersebut, dan ulangi lagi sampai hidung si kecil benar-benar bersih.

Menguapi kamar mandi

Cara ini sangat cocok dilakukan dalam kamar mandi kecil yang tertutup, caranya anda biarkan air panas mengalir selama beberapa menit. Kalau uap air panas tersebut telah memenuhi kamar mandi, anda bisa membawa serta si kecil ke kamar mandi. Cara ini akan membantu untuk mengencerkan lendir.

Tinggikan dudukan kepala bayi

Usahakan si kecil tertidur dengan posisi kepala yang lebih  tinggi, tapi dengan posisi hidung yang menghadap kebawah. Cara ini akan lebih mudah dilakukan jika tangan anda yang menyangga kepala si kecil dengan menggunakan handuk atau kain bersih. Cara ini akan membantu untuk mengalirkan lendir ke arah bawah supaya mudah dibersihkan.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

imroatul_mufidah

wah bafus ni ibfo

RestuNusra

terimakasih bunda infonya selalu bermanfaat ^^

anisa_elfaronsie

Terimakasih informasinya,,, saya sebagai bunda sangat terbantu sekali

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved