Bayi

Mengembangkan Kecerdasan Buah Hati Sejak Dini

Komunikasi untuk buah hati yang baru lahir sangat penting. Hal ini agar Bunda dan buah hati dapat dekat secara emosional. Saat Bunda menggendong buah hati lakukanlah komunikasi dengan buah hati. Bentuk komunikasi yang Bunda berikan dapat berupa sentuhan, tatapan mata, beri dia ciuman dan ajak dia berbicara. Komunikasi yang Bunda bangun dapat menstimulasi perkembangan otak buah hati.

Berikut tips bentuk komunikasi yang dapat bunda lakukan kepada buah hati yang baru saja lahir:

  1. Ajak Bicara saat Pemberian ASI Pertama Ketika Bunda menggendong buah hati pertama kali untuk memberikan ASI, ajaklah buah hati berkomunikasi. Luapkan kegembiraan dan rasa syukur Bunda dengan belaian lembut dan kata-kata yang indah. Hal ini sangat bermanfaat bagi buah hati untuk melatih respon otak terhadap pembicaraan yang terjalin antara Bunda dengan buah hati.
  2. Perdengarkan Lagu Klasik Hal ini dilakukan agar otak buah hati dapat merespon dan mengenali perbedaan setiap suara yang didengar. Nada-nada dari lagu klasik instrumental yang mengalun dengan lembut dan tenang akan menstimulasi kecerdasan otak buah hati.
  3. Timang Buah Hati agar Merasa Nyaman Mengajak buah hati komunikasi saat baru lahir adalah dengan menimang-nimang. Gerakan fisik menimang buah hati yang dilakukan Bunda akan membuat buah hati merasa nyaman. Ayunan yang dirasakan buah hati akan membuatnya tenang, senang, dan juga nyaman.
  4. Melalui Doa-doa yang Bunda Panjatkan Ajak buah hati yang baru lahir untuk memanjatkan doa kepada Tuhan sebagai rasa syukur. Kebiasaan yang dilakukan oleh pemeluk agama Islam, saat buah hati baru saja lahir ke dunia ditelinganya akan dilantunkan suara adzan. Lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an maupun doa-doa yang Bunda panjatkan dengan cara disuarakan baik sebagai bentuk komunikasi pada buah hati yang baru saja lahir.

Komunikasi antara Bunda dengan buah hati yang baru lahir dengan cara yang beraneka ragam sangat baik untuk menciptakan kedekatan Bunda dan buah hati, sekaligus dapat menstimulus kecerdasan buah hati bunda.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

RestuNusra

terimakasih bunda infonya sangat bermanfaat^^

anisa_elfaronsie

thanks infonya ya...

muslikhatun

terimakasih banyak atas informasinya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved