Bayi

Cara Melancarkan ASI Secara Alami dengan Pijat Laktasi

ASI merupakan sumber makanan utama bagi bayi yang wajib diberikan setidaknya hingga si kecil menginjak usia dua tahun. Oleh sebab itu, Bunda harus melakukan berbagai cara melancarkan ASI secara alami supaya kebutuhan nutrisi si kecil tetap terpenuhi. Caranya beragam, Bunda bisa memulainya dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang terbukti memperlancar produksi ASI seperti daun katuk, kacang hijau, bayam, pare dan lainnya.

Cara melancarkan ASI lainnya yang bisa Bunda coba yakni dengan melakukan pijat laktasi. Pijat laktasi ini terbukti melepaskan hormon oksitosin yang dapat meningkatkan produksi ASI. Selain itu, pijat laktasi membuat Bunda merasa lebih nyaman ketika menyusui. Akan tetapi, tidak sedikit Bunda di luar sana yang belum bisa melakukan pijat ini. Tenang, sebenarnya pijat laktasi ini mudah dilakukan, kok. Tidak perlu sampai memanggil tukang pijat, mari intip cara melancarkan ASI secara alami dengan pijat laktasi berikut ini!

Ambil posisi nyaman di depan cermin

Pijat laktasi bisa dilakukan sendiri dengan bermodalkan cermin. Pertama, lepaskan bra juga pakaian yang menempel dari pinggang hingga ke atas. Cuci tangan menggunakan air hangat dan sabun terlebih dahulu. Lalu, ambil posisi nyaman di depan cermin dan pastikan seluruh permukaan payudara bisa terlihat. Lakukan pijatan pada salah satu payudara terlebih dahulu.

Caranya, tempelkan empat jari di bagian atas payudara. Lalu dengan tangan lainnya, letakkan empat jari di bawah payudara. Lakukan pijatan dengan memutar sesuai dengan arah jarum jam. Setelah selesai memijat satu payudara, Bunda bisa ulangi gerakan sebelumnya pada payudara lainnya.

Gerakan naik turun untuk memijat payudara

Gerakan pijat laktasi selanjutnya adalah gerakan naik turun. Namun sebelum melanjutkan gerakan pijatan, ada baiknya Bunda menggunakan minyak pijat agar lebih mudah melakukan gerakan ini. Minyak pijat juga berkhasiat untuk mencegah kulit tertarik secara kasar, sehingga payudara Bunda terhindar dari risiko kerutan dini. Bunda bisa gunakan Konicare Natural Baby Massage Oil yang mengandung Virgin Coconut Oil dari ekstrak alami.

Gerakan dimulai dengan memposisikan kedua telapak tangan di sisi samping salah satu payudara. Di sini, Bunda bisa merasakan apakah ada sumbatan atau bagian yang mengeras. Gerakan kedua telapak tangan dengan gerakan naik turun secara bergantian. Ketika tangan kiri ke atas, maka tangan kanan ke bawah. Lakukan gerakan ini sampai 20 kali. Setelahnya, oleskan kembali Konicare Baby Massage Oil untuk melakukan gerakannya di payudara lainnya.

Pijat area sekitar puting

Bunda pernah merasakan ada sumbatan di sekitar puting? Jika ya, maka gerakan satu ini wajib untuk dikuasai. Setelah duduk nyaman di depan cermin, sekarang Bunda harus melakukan pijatan di area sekitar puting. Caranya, angkat salah satu payudara dengan tangan kiri, lalu posisikan empat jari tangan kanan di atas puting payudara tersebut. Mulai gerakan dari jari telunjung hingga kelingking sampai terbentuk gerakan melingkar.

Lewat gerakan ini, Bunda bisa merasakan bagian keras seperti sumbatan. Dengan melakukan pijatan di area sekitar puting, Bunda bisa melunakkan bagian yang tersumbat tadi. Lakukan pijatan di area sekitar puting minimal 20 kali pada masing-masing payudara.

Pijat dari arah bawah ketiak

Cara melancarkan ASI dengan alami pijat laktasi selanjutnya adalah memijat dengan gerakan dari arah bawah ketiak. Setelah melunakkan sumbatan pada puting, Bunda bisa melanjutkan dengan gerakan yang dimulai dengan pijatan lembut dari bagian luar payudara atau bawah ketiak sampai ke tengah belahan dada menuju puting susu.

Sebelum berpindah ke payudara lainnya, pastikan tidak ada lagi bagian payudara yang keras. Jangan sampai memaksakan untuk berpindah payudara kalau sisi satunya belum melunak. Ini artinya pijatan belum cukup membantu merelaksasi payudara. Jadi, lakukan pijatan hingga payudara terasa lunak, baru berpindah.

Itulah cara melancarkan ASI dengan pijat laktasi. Agar pijat laktasinya lancar, jangan lupa gunakan Konicare Natural Baby Massage Oil. Dengan kandungan Virgin Coconut Oil, Bunda bisa dengan mudah melakukan pijat laktasi sebagai cara melancarkan ASI secara alami dan membuat tubuh menjadi rileks. Coba gerakan-gerakan pijat laktasi di atas sesuai arahan. Semoga informasi ini bisa membantu Bunda, selamat mencoba!

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved