Bayi

Cara Cerdas Memilih Termometer Sesuai Usia

Bagi orangtua yang memiliki bayi, termometer merupakan benda wajib yang selalu tersedia didalam kotak P3K dalam rumah. Hal ini berkaitan erat dengan kondisi si kecil yang masih cenderung ringkih dan sangat rawan terserang virus dan bakteri penyebab penyakit, salah satunya adalah demam.

Tapi sayangnya, banyak orangtua yang justru bingung ketika memilih benda yang satu ini. Bahkan beberapa diantaranya mengaku tidak tahu kalau termometer di bagi dalam beberapa spesifikasi berdasarkan usia si pemakainnya. Nah, supaya anda tidak bingung ketika akan membeli termometer untuk si kecil, berikut merupakan tips cerdas memilih termometer sesuai usia si kecil.

New Born sampai usia 3 bulan

Untuk bayi dalam usia ini, sebaiknya anda memilih termometer yang digunakan lewat anus. Diantara jenis termometer yang ada, jenis ini dinilai paling akurat dan sangat direkomendasikan untuk bayi. Cara penggunaannya pun cukup mudah, anda tinggal membaringkan si kecil dalam posisi ketika akan mengganti popok, kemudian ukur suhu tubuhnya lewat anus.

3 bulan sampai 4 tahun

Untuk anak di usia 3 sampai 4 bulan, anda bisa menggunakan termometer yang digunakan lewat anus ataupun lewat mulut. Walaupun begitu, pemeriksaan melalui anus masih dinilai lebih akurat daripada pemeriksaan lewat mulut. Tapi kalau si kecil suka menggeliat-geliat karena kegelian, anda bisa memilih termometer mulut, karena anak usia 3 tahun biasanya sudah bisa mempertahankan termometer di dalam mulut tanpa menggigitnya.

4 tahun ke atas

Untuk anak usia 4 tahun keatas, sebaiknya anda memilih termometer yang dimasukkan ke dalam mulut. Dalam usia ini, si kecil sepertinya sudah bisa menggunakan termometer mulut dengan tepat. Untuk hasil yang lebih akurat, anda bisa menggunakan termometer digital yang bisa memberikan hasil dalam waktu yang relatif cepat.

Walaupun begitu, sebaiknya anda hati-hati dengan termometer yang terbuat dari kaca, karena selain mudah pecah kalau terjatuh, ternyata di dalam termometer ini terdapat cairan merkuri yang sangat beracun. Jadi jangan sampai si kecil menggigitnya dan memecahkannya. Kalau musibah ini terjadi, sebaiknya anda cepat-cepat membawa si kecil ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

lily09

thx

imroatul_mufidah

hmmm gitu ya

RestuNusra

terimakasih infonya bunda ^^

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved