Balita

Si Kecil Demam Kejang, Apakah Yang Harus Dilakukan?

Walaupun tercatat hanya 1 dari 25 anak yang bisa mengalami kejang-kejang ketika demam, tapi kondisi ini cukup membuat banyak orangtua ketakutan. Kondisi kejang ketika demam sendiri biasanya timbulnya akibat demam yang terlalu parah, bukan adanya suatu kelainan di otak seperti Meningitis dan lainnya.

Dengan kata lain, kejang demam ini bukan akibat dari infeksi otak. Walaupun tampaknya mengerikan, tapi kejang demam ini tidak begitu berbahaya. Tidak hanya itu, anak yang kerap mengalami kejang demam, mereka tidak akan terganggu kecerdasan atau fungsi otak lainnya.

Bagaimana cara mencegah kejang demam?

Tidak seperti penyakit lainnya yang bisa dilakukan upaya pencegahan, kejang demam ini tidak bisa dicegah sama sekali. Bahkan memberikan obat demam dalam dosis tinggi pun tidak akan mampu mencegah kejang demam ini terjadi. Tidak hanya itu, anda juga tidak dianjurkan untuk memberikan obat penenang dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kejang demam. Seperti dikatakan tadi, kejang demam tidak bisa dicegah!

Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kejang?

Ketika kejang demam ini datang, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan.

  • Pertama yang harus anda lakukan adalah tenang. Ingat, kejang demam tidak berbahaya, walaupun tampak mengerikan!
  • Kejang demam beresiko terjadi berulang, tapi dengan catatan, jika kejang demam pertama terjadi di usia kurang dari 15 bulan, keluarga memiliki riwayat kejang demam, anak laki-laki, atau kalau kejangnya bukanlah kejang seluruh tubuh.
  • Kebanyakan kejang demam tidak akan terjadi lagi ketika si anak sudah berusia 5 tahun, jadi kalau kejang demam ini terjadi pada anak usia 5 tahun keatas, sebaiknya anda segera hubungi dokter.
  • Untuk membicarakan masalah ini, anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis anak khusus bagian neurologi.
  • Kebanyakan dokter biasanya akan menganjurkan pemeriksaan rekam otak, yakni dengan prosedur EEG atau electroencephalogram untuk melihat ada atau tidaknya abnormalitas gelombang listrik yang terjadi dalam otak.
  • Kalau kejang demam biasa, sebenarnya anda tidak perlu membawa si kecil ke dokter khusus. Cukup berkonsentrasi untuk menurunkan demamnya saja.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Susy

ok

hennysus0890

ok

Ghisa_Yumna

terimakasih

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved