Balita

Masalah-Masalah Pada Rambut Balita

Setiap bayi pasti memiliki kondisi rambut yang berbeda ketika dilahirkan, ada yang lahir dengan membawa rambut tebal dan hitam, ada juga bayi yang lahir dengan rambut pirang, dan ada juga bayi yang lahir dengan rambut yang sangat tipis, bahkan ada juga yang botak. Walaupun begitu, kondisi ini sebenarnya tidak permanen, karena rambut tersebut umumnya akan rontok pada usia 1 sampai 3 bulan.

Makanya, anda jangan terlalu khawatir kalau si kecil mengalami kerontokan, karena itu hal yang wajar. Lain lagi ceritanya kalau si kecil lahir dalam kondisi botak dan sampai usia 3 bulan, anda belum melihat tanda-tanda rambut si kecil akan tumbuh. Kalau ini, sebaiknya anda segera berkonsultasi ke dokter.

Selain masalah diatas, terdapat pula beberapa masalah rambut lainnya yang kerap dialami oleh si kecil.

Kerak kepala

Anda mungkin sering melihat kepala bayi yang ditumbuhi kerak. Kondisi ini memang kerap terjadi kepada bayi. Gejala kerak kepala ini terlihat seperti ketombe yang berwarna kuning kecoklatan yang bersisik di permukaan kulit kepala, atau bahkan ada yang berwarna cokelat sampai hitam. Hal ini terjadi karena pengaruh hormon androgen yang masih terbawa dari anda ketika si kecil masih dalam kandungan.

Rambut rontok

Seperti yang dijelaskan diatas, masalah kerontokan merupakan hal yang wajar, dan bahkan sangat sering terjadi pada bayi usia 1 sampai 3 bulan. Kondisi ini merupakan proses pergantian antara rambut lahir yang lebih halus dan tipis dengan rambut permanen yang akan dimiliki oleh si kecil nanti. Perlu anda ketahui, proses kerontokan ini akan terjadi secara perlahan sampai rambut bawaan lahir habis.

Rambut tipis

Karena kondisi rambut anak yang tipis, banyak orang tua yang merasa khawatir dan akhirnya melakukan berbagai cara untuk melebatkan rambut si kecil, salah satunya yang paling sering dilakukan adalah sering mencukur rambut bayi. Mitos ini sendiri banyak dipercaya oleh banyak orang tua, walaupun sampai sekarang mitos ini masih belum bisa dibuktikan kebenarannya secara medis.

Rambut tidak tumbuh

Berbeda dengan rambut yang tipis, kasus anak dengan kebotakan permanen memang sangat jarang terjadi. Kalau kondisi ini menimpa anda, sebaiknya anda segera hubungi dokter untuk memastikan apa penyebab tambut si kecil tidak tumbuh-tumbuh, terlebih kalau kasus ini terjadi ketika si kecil sudah berusia lebih dari 6 bulan.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

lily09

nice

Ghisa_Yumna

Alhamdulillah blm terjadi dan jangan sampai terjadi

imroatul_mufidah

ara tuipis banget sih masihan

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved