Balita

Si Kecil Yang Memilih Baju

Tidak heran jika Anda melihat si kecil memakai pakaina yang tidak serasi. Misalnya baju yang warnanya tidak cocok, dan dandanannya yang ajaib. Di usia tertentu si kecil memang mulai senang bergaya dengan memilih pakaiannya sesuai dengan kemauannya. Anda boleh saja mengarahkan, tetapi jika dia tetap ngotot dengan pilihannya biarkan saja. Dengan si kecil memilih baju untuk dirinya sendiri, maka ia belajar sesuatu yang baru. Misalnya belajar membuat keputusan sendiri, mandiri, kreatif, dan belajar memilih mana pakaian untuk laki-laki dan perempuan. Hal yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Anda bisa memberikan pilihan pakaian yang cukup pantas dipakainya: Anda bisa berikan kaos dengan celana yang cocok, tank top, rok, dress, dll. Anda juga bisa memberitahu apa saja perbedaan dan kegunaan masing-masing jenis baju tersebut.
  • Mengarahkan si kecil dalam mencocokkan pakaian: Atasan bermotif atau bawahannya yg bermotif sebaiknya dipasangkan dengan atasan/bawahan yang polos. Begitu juga dengan warna.
  • Mengelompokkan jenis-jenis pakaian: Berikan informasi yang baik mengenai pakaian yang biasa dipakai sehari-hari. Misalnya pakaian tidur, pakaian untuk pergi, pakaian bermain, pakaian renang, pakaian sekolah, dll. Dengan begitu si kecil mudah memilih pakaian mana yang dia suka.
  • Si kecil tetap ngotot dengan pilihannya: Biarkanlah selama apa yang dia pakai masih sesuai dengan norma yang berlaku. Dengan begitu, dia akan belajar dari apa yang dia lakukan. Baik itu salah atau benar.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Ghisa_Yumna

oks

Junny_gultom

bermanfaat sekali infonya

imroatul_mufidah

sip tipanya oke banget buat mengarahkan anak

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved