Balita

Pertolongan Pertama Ketika Anak Demam

Siapapun orangtuanya, pasti akan khawatir kalau anaknya terserang demam. Walaupun ini merupakan penyakit yang biasa di derita oleh anak-anak, tapi kalau di biarkan, demam bisa berakibat fatal untuk tumbuh kembang si kecil.

Untuk itu, sebagai orangtua anda harus mengetahui beberapa langkah untuk mengatasi masalah ini dengan beberapa langkah berikut.

Amati dan pikirkan penyebabnya

Demam kebanyakan diakibatkan serang virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh si kecil. Ketika sistem kekebalan tubuhnya ini menurun, saat itulah demam akan muncul sebagai reaksi atas serangan virus tersebut. Kalau demam ini disusul dengan batuk pilek, anda tidak perlu terlalu khawatir, karena sudah jelas ini disebabkan karena ISPA.

Fahami tingkat kegawatdaruratannya

Penurunan kesadaran dehidrasi, sesak napas, kejang-kejang dan sakit kepala hebat merupakan salah satu tanda kalau demam si kecil sudah cukup parah. Selain mengamati gejalanya, anda juga bisa menggunakan termometer untuk mengetahui seberapa parah demam yang si kecil alami. Kalau memang sudah terlampau parah, segera hubungi dokter untuk menerima perawatan lebih lanjut.

Berikan cukup cairan

Kebanyakan demam akan memicu timbulnya dehidrasi. Untuk itu, sebaiknya berikan banyak minum kepada si kecil. Usahakan si kecil juga menerima asupan makanan yang dia butuhkan. Memang demam ini akan membuat si kecil jadi tidak nafsu makan. Tapi ini masih bisa diatasi dengan memberikan menu makanan kesukaannya, atau membentuk makanan semenarik mungkin.

Berikan obat demam

Demam biasanya akan sembuh sendiri seiring membaiknya sistem kekebalan tubuh si kecil. Kalau memang dibutuhkan, anda bisa memberikan obat penurun panas untuk menormalkan kembali suhu tubuhnya. Walaupun begitu, sebaiknya anda hati-hati. Berikan obat demam yang memang direkomendasikan dokter. Obat demam itu bisa diberikan kepada si kecil ketika panasnya sudah mencapai 38 C.

Kompres

Sebagai alternatif obat, anda bisa mencoba menurunkan suhu tubuh si kecil dengan menyeka tubuh anak atau mengompresnya menggunakan handuk yang sudah dibasahi air hangat. Sebaiknya hindari kompress air dingin, walaupun terlihat akan menurunkan panas si kecil, tapi kompres dengan air dingin akan membuat anak menggigil dan justru akan semakin meningkatkan suhu tubuhnya.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Susy

ok

nurqisthy

aku kasih paracetamol dulu

wahyu85

nice

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved