Balita

Cara Mengatur Jam Tidur Balita

Sedini mungkin bahkan sejak baru dilahirkan, balita sudah mulai bisa dibiasakan tidur dan bangun pada waktunya. Membuat balita disiplin dengan waktu tidur sejak dini, akan mempermudah mengajarkan disiplin untuk hal lainnya misalnya waktu makan dan waktu belajar. Selain baik untuk tumbuh kembangnya, membiasakan balita untuk tidur cukup dan sesuai waktu yang telah ditentukan dapat membuat otak dan fisiknya berkembang optimal. Sebaiknya balita tidur tidak lebih dari pukul 8 malam hingga jam 6 pagi, dan tidur selama 10 jam sehari.

 


1. Kamar Tidur

Buatlah kondisi kamar tidur yang dapat membuat balita membedakan antara siang dan malam, matikan lampu ketika akan mengajaknya pergi tidur malam sehingga akan tertanam didirinya bahwa ketika suasana kamar gelap adalah waktunya tidur dan itu malam hari, ketika melihat cahaya matahari dari luar itu adalah waktunya bangun yang artinya hari sudah siang, saat nya melakukan aktifitas bermain dan belajar.

 


2. Konsisten dengan Jam Tidur

Biasakan untuk konsisten degan jam tidur balita anda, ketika waktunya tidur maka ajaklah dia menuju kamar tidur begitupun sebaliknya, ketika waktunya bangun, bangunkanlah perlahan dan bisikan bahwa hari sudah pagi. Biasakan balita anda tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya maka akan menciptakan rutinitas yang sama hingga dia dewasa. Misalnya biasakan balita anda untuk tidur jam 8 malam dan bangun jam 6 pagi keesokan harinya.

 


3. Tidur Siang

Tidur siang juga baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang balita, tidak perlu khawatir tidur siang mengganggu waktu tidur malamnya karena tidur siang justru akan membuat tidur malamnya lebih berkualitas, balita akan lebih nyenyak dan tenang karena ketika siang hari dia tidak terlalu lelah bermain.

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

rinramawija

pasti dipraktekkan

anisa_elfaronsie

Terimakasih informasinya,,, saya sebagai bunda sangat terbantu sekali

chulizt_widodo

setuju banget, makasih infonya Bunda Konicare

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved