Balita

Panduan Mengajarkan Buah Hati Sikat Gigi

Menjaga kesehatan gigi dan mulut Buah Hati tetap terjaga merupakan sebuah tantangan bagi setiap orang tua. Menyikat gigi memang harus diajarkan sejak dini, namun tidak sedikit Bunda dan Ayah merasa kesulitan mengajak Buah Hati untuk mulai sikat gigi.

Walaupun si Kecil belum paham betul bagaimana cara menyikat gigi, sebagai orang tua perlu memperkenalkannya sebagai bagian rutinitas yang penting. Jangan sampai keterlambatan mengajarkan Buah Hati menyikat gigi menyebabkan karies gigi serta kerusakan gigi lainnya. Lalu bagaimana untuk mulai mengajarkannya sikat gigi? Simak info lengkapnya disini:

Ajak Buah Hati Memilih Sikat dan Pasta Gigi

Saat Buah Hati sudah bisa menggenggam sesuatu dengan tangannya, tandanya ia sudah bisa diajarkan untuk menyikat gigi. Untuk mengajarkannya, pertama Bunda harus memilih peralatan untuk menggosok gigi yang tepat untuk si Kecil. Agar ia semakin antusias, ajaklah ke supermarket dan biarkan ia memilih sikat gigi sesuai dengan warna dan bentuk kesukaannya. Biarkan juga ia memilih rasa pasta giginya sendiri, namun pastikan juga bahan yang dipilih si Kecil tepat aman dan tidak membahayakan ya, Bun.

Luangkan Waktu Gosok Gigi Bersama

Si Kecil adalah peniru ulung, karena itu ia akan lebih sering meniru apa yang dilihat dan dilakukan oleh Bunda serta Ayah. Untuk mengajarkan Buah Hati menyikat gigi, lakukanlah dengan memberikan contoh dengan menggosok gigi di depannya. Ajaklah untuk menggosok gigi di depan cermin agar ia bisa melihat secara perlahan gerakan menggosok gigi, berkumur hingga meletakkan sikat gigi dengan tepat.

Buat Suasana Menyikat Gigi Menyenangkan

Jadikan kebiasaan menggosok gigi lebih menyenangkan dengan melakukannya bersama. Bunda dan Ayah bisa menyanyikan atau membuat irama di tiap waktu menggosok gigi tiba, sehingga Buah Hati akan menganggap hal ini sebagai momen yang ditunggu-tunggu. Sesekali berikan juga ia pujian tentang giginya yang bersih agar ia semakin termotivasi untuk terus menjaga kebiasaannya menyikat gigi.

Menggosok gigi tidak perlu menunggu gigi Buah Hati banyak tumbuh, Bunda bisa memulai dengan membersihkan gusinya dengan kain lembab atau sikat gigi silikon guna mencegah terjadinya penumpukan bakteri. Walau ia belum bisa membersihkan sendiri dengan sempurna, tetap bersabar dan nikmati prosesnya hingga si Kecil terbiasa menggosok gigi.

Untuk mencegahnya masuk angin sesaat setelah menggosok gigi, Bunda bisa mengoleskan Konicare Minyak Telon Plus ke seluruh tubuhnya. Membuat tubuhnya hangat dan melindungi juga dari gigitan nyamuk dan serangga hingga 8 jam, makin pintar belajar menyikat giginya dan Bunda jadi bebas dari rasa khawatir. Kalau si Kecil sudah belajar menyikat gigi dari usia berapa, Bun? Share ya :)  
 

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved