Balita

Si Kecil Sering Dipegang Sembarangan? Ini Cara Mengatasinya!

 

Bunda, akhir-akhir ini banyak sekali berita tentang Si Kecil yang dipegang sembarangan. Pegang anak sembarangan itu bisa bahaya loh Bunda! Salah satunya anak dari selebgram Jennifer Coppen, yakni Kamari. Jennifer Coppen merasa tidak nyaman ketika melihat orang yang tidak dikenalnya tiba-tiba memegangi Kamari. Tapi sebenernya apa sih bahayanya buat Si Kecil? Berikut beberapa penyakit yang mengintai Si Kecil
 

  1. Herpes
    Si Kecil sangat sensitif terhadap benda asing dari luar. Memegang/mencium Si Kecil sembarangan bisa berisiko tertularnya virus Herpes Simplex (VHS) Tipe 1. Penyakit ini ditandai dengan muncul luka dan lepuhan serta ruam pada bibir dan kulit, demam, lebih rewel atau tampak kesakitan, tidak mau menyusui atau makan, gusi merah dan bengkak, serta muncul benjolan di leher akibat pembengkakan kelenjar getah bening.
  2. Cacar air
    Selain herpes, Si Kecil juga bisa terkena infeksi akut oleh virus Varisela zoster. Infeksi virus ini mengenai kulit dan mukosa, yang ditandai dengan demam, rasa lelah dan kelainan kulit. Apabila penderita memegang Si Kecil akan berisiko menularkan penyakit cacar air ke bayi yang bisa ditularkan melalui bersin dan batuk.
  3. Sistem kekebalan tubuh melemah
    Si Kecil belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik seperti kita orang dewasa, sehingga paling rentan terhadap penyakit apalagi mereka masih dalam tahap perkembangan. Oleh karena itu, setiap anak atau orang dewasa yang ingin bersentuhan dengan bayi harus memastikan bahwa tangan mereka benar-benar bersih dan tidak memiliki tanda-tanda penyakit menular.

 

 

Tuh kan, banyak banget ya Bunda bahayanya. Terus gimana sih caranya mengatasi agar Si Kecil tidak dipegang sembarangan? Nih, Bunda bisa intip parenting ala Bunda Nikita Willy yang hubungan ibu dan anaknya sangat erat. “Kami nggak mengikuti gaya parenting dari Asia atau Barat, kami lebih ke sains dan nggak ngikutin mitos”, tutur suami Nikita Willy. Sains di sini juga berarti memberikan larangan untuk memegang Si Kecil atau bahkan menciumnya secara sembarangan. Selain itu, Bunda juga bisa melakukan hal berikut: 

  1. Sebisa mungkin mengurangi atau membatasi waktu ketika pergi ke tempat keramaian/kerumunan seperti pasar dan tempat umum lainnya. Bukan berarti tidak boleh sama sekali ya Bunda, namun bisa dikurangi kesempatan Si Kecil bertemu banyak orang asing.

  2. Bunda juga bisa memberikan penolakan secara halus atau berdalih Si Kecil akan rewel jika dipegang atau dicium orang lain.

  3. Selain itu, Bunda juga bisa memberikan bahasa tubuh seperti menghindar atau mengalihkan pembicaraan.

 

 

Jika terlanjur dipegang atau dicium secara sembarangan, jangan khawatir ya Bunda! Bunda bisa segera membasuh bagian yang dipegang atau dicium secara sembarangan dengan air hangat atau dengan tissue basah. Atau jika Bunda masih khawatir, Bunda bisa langsung memandikan Si Kecil ya. Nah, abis mandi jangan lupa oleskan Konicare Minyak Telon Plus Lavender yang dapat menghangatkan tubuh dan melindungi dari gigitan nyamuk. Terbukti aman dan nyaman buat Si Kecil karena lebih alami dan wanginya pun lembut premium dari essential oil. Yuk, selalu gunakan Konicare di setiap momen #BondingAlamiBunda bersama Si Kecil.

Copyright 2009 - 2022 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2022 Konimex.
All right reserved