Balita

Hati-hati Perubahan Cuaca Picu Penyakit Balita

Dalam musim yang tidak menentu seperti ini, mau tidak mau tubuh harus bisa beradaptasi dengan perubahan cuaca ini. Selain itu, perubahan cuaca juga lambat laun akan mempengaruhi kondisi lingkungan serta kualitas air. Kotoran dan debu akan berterbangan terbawa oleh udara kering, tentu saja ini tidak bisa dibiarkan, karena kotoran dan debu tersebut membawa kuman penyakit.

Dalam kondisi ini, kualitas dan kuantitas air pun akan berkurang, tidak heran kalau berbagai macam penyakit lebih mudah menyerang. Beberapa perubahan yang terjadi di lingkungan ini bisa memengaruhi kondisi fisik anak, dan bahkan kondisi ini akan menurunkan daya tahan tubuh si kecil.

Lantas, bagaimana caranya supaya si kecil kuat dengan perubahan cuaca seperti ini?

Perhatikan kandungan gizi

Apa yang anak anda makan, akan menentukan kondisi kesehatan anak anda. untuk itu, sebisa mungkin pastikan asupan nutrisinya tetap terjaga dengan baik, mulai dari nutrisi makro seperti protein, karbohidrat dan lemak, sampai dengan nutrisi mikro seperti vitamin dan mineral. Dengan nutrisi yang seimbang, maka si kecil akan memiliki cukup energi untuk melawan penyakit yang datang menerpanya.

Perhatikan kebersihan

Selain makanan, perhatikan juga kondisi kebersihannya. Baik itu kebersihan tubuh, lingkungan, dan yang paling penting adalah makanan. Untuk itu, selalu periksa sumber makanan si kecil, bagaimana cara pembuatannya dan apakah perlengkapan makanannya sudah bersih atau tidak. Jangan lupa, perhatikan juga kebersihan sumber air, mulai dari sumber air minum, sampai dengan sumber air yang dipakai untuk memasak dan mandi.

Hindari perubahan cuaca

Sebisa mungkin, usahakan si kecil tidak terekspose dengan perubahan suhu dan kelembaban udara. Jangan biarkan si kecil berpanas-panasan tanpa menggunakan pelindung seperti payung dan topi. Jangan lupa selalu gunakan jaket ketika kondisi cuaca sedang dingin.

Untuk memberikan kehangatan secara maksimal, anda bisa menggunakan minyak telon Konicare atau minyak kayu putih Konicare untuk memastikan si kecil terlindung dari paparan udara dingin sepanjang hari. Oleskan minyak telon atau minyak kayu putih Konicare dua kali sehari, sehabis mandi untuk menjaga kehangatan tubuh si kecil.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

apti_naira

iyaa niy musim nya lg ga jelas harus rajin2 jaga kebersihan dan anak2 wajib bgt cuci tangan biar ga ada virus atau bakteri ygbersarang di tangan

Heny

Selain menyebabkan batuk pilek,perubahan cuaca juga bisa membuat anak sariawan lho bun. Soalnya kemarin anak saya sariawan di pinggir2 lidahnya padahal dia suka sekali makan buah. Kata dokter bisa karena cuaca juga bun.

princessmerry

bnr sekali, musim hujan sbabkan musah batuk pilek biasanya...

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved