Balita

Permainan Aman yang Bisa Bunda Lakukan Ketika Si Kecil Berumur Kurang Dari 3 Tahun

Ketika anak berusia antara 1-3 tahun, itu adalah masa yang paling penting pada masa perkembangannya. Mulai dari sensor motorik halus, kasar, sampai perkembangan otaknya akan dimulai pada usia ini. Jadi, Bunda sebagai orang tua harus terus mendampinginya mulai dari berlatih mengajak bicara, bermain musik, sampai memberikan permainan yang mengedukasi serta aman untuknya.

Pada artikel kali ini, kita akan mencoba membahas apa saja permainan yang aman dan tentu mengedukasi untuk Si Kecil yang berusia kurang dari tiga tahun. Apa saja permainan tersebut? Simak di sini ya, Bunda.

Permainan sesuai dengan aktivitas sehari-hari

Permainan pertama yang aman bagi Si Kecil adalah permainan yang berhubungan dengan aktivitas sehari-hari. Misalnya, Bunda bisa mengajak Si Kecil untuk bermain di kamar tidur jika seluruh mainannya yang ada di ruang tamu dibereskan terlebih dahulu. Apabila belum beres, Bunda tidak memperbolehkan Si Kecil bermain di kamar tidur. Dengan begini, Si Kecil akan mempunyai kebiasaan setelah bermain bahwa mainannya harus dibereskan terlebih dahulu.

Permainan aktivitas sehari-hari lain yang mengedukasi serta aman adalah bermain dokter-dokteran atau masak-masakan. Nah, karena permainan ini membutuhkan perlengkapan, Bunda harus benar - benar memastikan apakah perlengkapan ini memang dibuat untuk anak-anak atau tidak. Permainan dokter-dokteran atau masak-masakan ini juga akan melatih daya pikir Si Kecil.

 

Permainan yang memecahkan masalah

Permainan selanjutnya yaitu permainan edukasi dan memecahkan masalah. Permainan ini bisa dibagi menjadi dua, menggunakan bantuan alat ataupun tidak. Jika Bunda tidak membutuhkan bantuan alat, Bunda bisa bermain misteri. Misalnya bermain hide and seek atau menyembunyikan mainan dan berhadiah menarik. Lalu, jika membutuhkan alat, Bunda bisa membeli puzzle seperti teka-teki, atau gambar.

Tetapi walaupun begitu, Bunda harus menyesuaikan puzzle dengan kemampuan Si Kecil. Jika Bunda tidak memperhatikan hal tersebut, bisa-bisa Si Kecil malah stres atau bahkan bosan. Selain itu, tetap dampingi ya Bunda agar tahu perkembangannya secara langsung.

Berolahraga sambil bermain

Si Kecil akan sangat senang ketika diajak bermain di luar rumah, jadi saat inilah Bunda bisa melatih kemampuan fisik dan juga psikis Si Kecil. Salah satu kentungan berolahraga adalah Si Kecil bisa meningkatkan kemampuan motorik halus dan kasarnya. Tidak hanya itu, Si Kecil juga bisa melatih kemampuan stamina, jantung, dan daya tahan tubuhnya. Untuk melatih kemampuan psikis, Bunda bisa mulai mengenalkan Si Kecil dengan orang-orang yang baru. Dengan begitu, Si Kecil tidak gampang takut ketika bertemu dengan orang.

Bunda bisa mengajak Si Kecil bermain di luar rumah ketika sore hari atau akhir pekan bersama keluarga. Ajak Si Kecil untuk bermain di taman dekat rumah, atau sesekali Bunda bisa merencanakan untuk pergi ke Kebun Bintang atau taman bermain di tengah kota. Agar Si Kecil aman bermain di luar rumah, Bunda bisa memberikan Konicare Minyak Telon Plus untuk memberikan rasa hangat terhadap Si Kecil dan keharuman alami tanpa tambahan parfumnya senantiasa aman untuk si Kecil.

Itulah beberapa permainan aman yang bisa dilakukan oleh Si Kecil ketika usianya mencapai tiga tahun. Bunda harus tetap mendampinginya, ya.

 

Photo credit: pixabay.com

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

yunny_guzel

bagus artikelnya

naura_mikalya_agustin226

Sipp

nira_riestia_rahayu969

cocok untuk adiknya nanti

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved