Balita

Mengatasi Si Kecil Yang Super Aktif

Anak kecil tidak pernah lepas dari dunia yang menurutnya 'suka-suka' dia. Mulai dari melompat, menari,menyanyi, memanjat, sampai mengacak-acak perabotan di rumah.

Namun, ada anak yang memiliki energi yang lebih banyak dan lebih besar dari anak kebiasaanya.

Setiap anak butuh kasih sayang orang tuanya. Apalagi dengan kondisi dia yang sangat superaktif. Semua bisa Anda atasi jika kedisiplinan dan aturan yang baik Anda tanamkan padanya sejak kecil. Untuk mewujudkan suatu kebaikan, maka diperlukan pengorbanan.

Anak-anak inilah yang disebut sebagai anak superaktif. Jika Anda masih bisa mengatasi masalah anak Anda dengan sendirinya, maka ada beberapa hal yang bisa Anda coba. Berikut caranya:

Tegas pada aturan

Anak superaktif ini butuh aturan yang pasti terhadap rutinitasnya. Agar ia merasa aman dan nyaman. Ketika aturan atau jadwal Anda rubah atau Anda longgarkan maka besok-besok dia akan meminta hal yang sama untuk melonggarkan aturan. Misalnya, hari ini Anda membiarkannya menonton tv selama 2 jam (yang biasanya ahnay 1 jam). Besok ia akan menutut 2 jam menonton atau bahkan lebih lama.

Meredam si kecil

Untuk bisa meredam semangatnya yang menggebu-gebu dibutuhkan kegiatan yang membuat dia tenang. Misalnya memberikan buku bacaan bergambar yang menarik, Membacakan cerita/dongeng untuknya, memberikan buku gambar agar dia bisa mengeluarkan kreatifitas dia dalam bentuk gambar/mewarnai di atas kertas tersebut. Segala kegiatan bisa tenang bisa dilakukan untuknya.

Memberikan aturan jelas pada si kecil

Anak superaktif membutuhkan jadwal dan aturan yang kita buat. Agar ia merasa aman dan nyaman. Kita bisa membuat jadwal seperti apa saja aktivitas yang akan dia lakukan, dari kapan sampai kapan, dan lainnya. Semua bisa Anda atur dengan baik.

Jangan lupa memberikan kontak fisik padanya

Setiap anak butuh kehangatan dari orang tuanya. Sentuhan sangat diperlukan apalagi terhadap anak superaktif. Mereka butuh kasih sayang, rasa aman dan nyaman yang lebih besar dibanding anak lainnya. Hal tersebut juga dapat membantu meredam semangat aktifnya. Anda bisa memberikan pelukan sebelum dan sesudah tidur, bercandaa riang di waktu senggang, dan lainnya.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Ghisa_Yumna

ini dia yg aga sulit

imroatul_mufidah

thankyouuu

RestuNusra

nice info

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved