Balita

5 Tips Membangun Percaya Diri Si Kecil

Bunda, membuat anak memiliki rasa percaya diri dapat dilatih sejak dini loh. Ciri-ciri anak yang mempunyai rasa percaya diri adalah ia berpikiran positif bahwa dia memiliki keyakinan dan mampu melakukan sesuatu hal sendiri, serta dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan sosialnya. Berikut beberapa tips mudah yang dapat Bunda terapkan untuk menumbuhkan rasa percaya diri si kecil:

 


1. Belajar hal-hal baru

Orang tua adalah model yang sering kali ditiru oleh anak, karena anak selalu ingin melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan orang tuanya. Kita bisa memberi contoh melakukan hal sederhana agar mereka bisa terdorong untuk belajar melakukan hal-hal baru sendiri, seperti mengikat tali sepatunya sendiri. Beberapa hal baru yang bisa ia lakukan sendiri akan membantunya memperoleh rasa percaya diri.

 


2. Ajarkan anak mulai bersosialisasi sejak dini

Mengajarkan anak bersosialisasi sejak dini dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Selain di lingkungan keluarga dan tempat tinggal, sekolah juga dapat menjadi salah satu tempat yang dapat mendorong rasa percaya diri anak. Bermain dengan teman sebaya, berkenalan, menyelesaikan tugas sekolah merupakan proses yang dapat mendorong anak mempunyai rasa percaya diri dan tidak menjadi penakut.

 


3. Mengurangi sifat pemalu

Ajarkan anak untuk mengurangi sifat pemalu dengan sering mengajaknya berkomunikasi dan mengekspresikan perasaan yang sedang dirasakanya. Misalnya saling bercerita kegiatan apa saja yang dilakukan, bagaimana ketika di sekolah, siapa saja temannya bermain sehingga lama kelamaan anak juga akan mampu bercerita di muka umum dan menjadi percaya diri

 


4. Libatkan dalam pengambilan keputusan

Ajak anak untuk belajar mengambil keputusan secara tidak langsung, misalnya dengan mengizinkan dia memilih baju apa yang hendak dia pakai ketika akan bepergian, tanyakan apa hadiah yang ingin dia berikan kepada temannya saat ada undangan ulang tahun atau tanyakan pendapatnya tentang sesuatu.

 


5. Jangan memanjakan anak

Biarkan anak melakukan sendiri apa yang sudah seharusnya di lakukan sesuai dengan usia dan kemampuannya. Mintalah anak mengambil sendiri barang-barang yang dia butuhkan seperti mengambil minum sendiri, memakai baju sendiri, dsb. Hal ini dapat melatihnya untuk mandiri dan tidak bergantung pada orang lain.

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

rinramawija

thanks infonya

anisa_elfaronsie

Terimakasih informasinya,,, saya sebagai bunda sangat terbantu sekali

chulizt_widodo

nice info , thanks bunda Konicare

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved