Balita

Tanda Buah Hati Siap MPASI

Tumbuh kembang Buah Hati merupakan sebuah proses yang paling ditunggu oleh Bunda, salah satunya adalah proses memperkenalkan si Kecil makanan pendamping ASI atau MPASI. Pada umumnya anak yang memasuki usia 6 bulan sudah siap menerima MPASI, hal ini dikarenakan pada usia tersebut sistem pencernaannya sudah berkembang lebih baik sehingga ia mampu mengolah, mencerna serta menyerap nutrisi makanan secara maksimal.

Tapi, sebelum terburu-buru menyuapi si Kecil, kenali dulu tanda-tanda bahwa ia sudah siap MPASI. Simak tanda umum dari si Kecil siap MPASI pada informasi berikut :

1. Mampu menahan kepala dan bisa duduk tegak

Apa sih hubungannya MPASI dengan kepala tegak? Jadi, si Kecil yang siap diberi MPASI memang diharuskan sudah mampu untuk menahan kepalanya dan juga duduk dengan tegak. Hal ini dilakukan untuk melihat kesiapan si Kecil mengunyah dan menelan makanan. Jika kepalanya belum tegak, ada baiknya pemberian MPASI ditunda terlebih dahulu ya, Bun jangan sampai memaksakan kondisi jika memang si Kecil belum siap.

2. Memiliki ketertarikan pada makanan

Si Kecil sering memperhatikan saat Bunda makan dan tampak berusaha untuk mengambilnya? Jika ia sudah berusia 6 bulan, hal ini adalah salah satu tanda bahwa si Kecil sudah siap MPASI. Si Kecil akan terlihat lebih aktif melihat orang makan dan dan secara refleks meraih dan membuka mulutnya lebar-lebar. Namun perlu diingat ya Bun, si Kecil juga suka menggapai apa saja yang menarik perhatiannya! Jadi, jika memang belum mencapai usia yang tepat Bunda harus menahan untuk memberikannya makanan ya

3. Perubahan pola makan dan tidur

Waktu tepat si Kecil sudah siap dengan MPASI adalah ditandai dengan pola makan dan jam tidur yang berubah. Si Kecil yang siap MPASI membutuhkan asupan yang lebih banyak, salah satunya adalah ia akan meminta susu lebih dari biasanya dan jika tidak tidurnya akan gelisah. Jika sudah mengalami hal ini, Bunda harus bersiap untuk mengolah menu MPASI untuknya!

Nah, itulah beberapa tanda yang perlu Bunda ketahui sebelum memulai memberikan MPASI untuk si Kecil. Namun, perlu diketahui ya Bun bahwa tidak semua anak sama, sehingga usia bukanlah menjadi patokan yang baku bahwa si Kecil memang sudah siap MPASI.

Untuk mendukung proses si Kecil makan makanan padat pertamanya Bunda bisa mengoleskannya Konicare Minyak Telon Plus sesaat setelah ia selesai makan dan berganti baju. Rasa hangatnya menjaganya dari masuk angin dan perut kembung, sehingga Bundanya bebas dari rasa khawatir walau si Kecil MPASI-nya belum maksimal. Jadi, sudah siapkan si Kecil untuk MPASI?
 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

shaqilla

ok

Triana

Semoga ngga pke drama GTM besok

randika

terima kasih konicare

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved