Balita

Anak Suka Mengigau

Mungkin anda sering kaget karena si kecil kerap mengigau dalam tidurnya. Walaupun begitu, mengigau tidak selalu merupakan tanda adanya masalah, karena ini tergantung seberapa sering dan tema apa saja yang sering muncul ketika si kecil mengigau.

Kebanyakan anak usia 2 tahun sudah berjalan lancar, mereka juga sudah bisa mengucapkan kalimat sendiri, serta mereka juga sudah mampu menunjukkan penolakan atas ketidaksetujuannya. Pengalaman yang dia alami sehari-hari, terkadang akan sangat menyenangkan, sehingga tidak jarang ini akan dibawa ke alam tidurnya dalam bentuk mengigau.

Tidak hanya itu, mengigau juga bisa saja disebabkan karena si kecil terlalu lelah bermain, atau mengalami ketakutan besar.

Lantas, bagaimana cara supaya sikecil tidak mengigau?

Untuk menghentikan kebiasaan ini, banyak yang bisa anda lakukan, salah satunya adalah, memaksimalkan waktu tidur dan frekwensinya supaya lebih teratur. Selain itu, usahakan supaya si kecil tidak terus-terusan beraktivitas, sehingga malamnya dia tidak terlalu lelah.

Perlu anda ketahui, pada saat si kecil mengigau, anda tidak harus membangunkannya. Anda tinggal memastikan tidak ada benda-benda di sekitarnya yang mungkin bisa membahayakan. Misalnya, jauhkan bola di lantai yang mungkin saja akan membuat si kecil terpeleset kalau dia sampai mengigau sambil tidur berjalan.

Apa yang harus diwaspadai?

Coba anda cek apa isi igauannya. Jika dia tertawa-tawa atau mengatakan hal-hal lucu dan menyenangkan, mungkin ini tidak masalah. Tapi kalau dia sering mengigau sambil terlihat ketakutan, misalnya mengatakan “Sakit!”, “Ampun!” dan lainnya, anda harus waspada.

Kalau itu terjadi, anda harus dicek kesehariannya. Apakah ada kejadian yang tidak menyenangkan yang dilalui oleh si kecil, baik itu bersama pengasuh atau bersama teman-temannya. Cermati juga hubungan dalam keluarga, kalau anda sering bertengkar dengan suami, atau si kecil sering menerima perlakuan kasar, maka usahakan ini jangan terjadi lagi.

Kalau si kecil sering mengigau ketakutan, tapi anda tidak menemukan penyebabnya, cara terakhir adalah dengan mengajak si kecil ke Psikolog. Cara ini harus di tempuh supaya si kecil bisa mengatasi ketakutannya. Bagaimanapun juga, igauan menandakan ada rahasia yang di pendam si kecil, kalau di biarkan, maka ini bisa berbahaya untuk kesehatan jiwanya.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Ghisa_Yumna

siiiipppppppppppp

lily09

nice

Junny_gultom

info yg bermanfaat

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved