Balita

4 Hal Penting Saat Masa Pertumbuhan Balita

Bayi dibawah 5 tahun atau biasa disebut balita, termasuk dalam rentang golden age karena proses pertumbuhan, perkembangan fisik dan otak anak yang paling baik terjadi pada usia ini. Di masa ini anak akan memasuki fase dimana adanya kemajuan pesat mulai dari perkembangan motorik kasar dan halus serta pertumbuhan otak, tulang, berat badan dan tinggi badan yang sangat membutuhkan perhatian khusus dari ayah dan bunda. Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian pada masa perkembangan balita, diantaranya :

 


1. Pola Asuh

Pola asuh orang tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan balita. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat, berkepribadian baik dan pintar. Pada usia balita, kasih sayang dan perhatian kedua orang tuanya sangat berperan penting untuk perkembangan mentalnya, balita yang dibesarkan dengan kasih sayang akan menjadi pribadi yang penyayang pula, begitupun sebaliknya.

 


2. Asupan Gizi

Selain ASI hingga usia 2 tahun, makanan dan minuman yang di konsumsi balita sebaiknya mengandung jumlah gizi yang seimbang dan lengkap, cukup akan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral serta lemak. Dalam masa perkembangan yang pesat ini, jika balita bunda kekurangan asupan gizi yang seimbang maka akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan kreativitasnya. Perbanyaklah pengetahuan seputar informasi gizi untuk balita dengan membaca dan mengikuti seminar mengenai perkembangan balita.

 


3. Lingkungan

Lingkungan tempat tinggal dan juga lingkungan sekolah serta lingkungan bermain sangat mempengaruhi perkembangan anak, baik dari segi kesehatan, perkembangan emosional dan sosialnya. Upayakan balita tumbuh dengan lingkungan yang terjaga kebersihannya agar terhindar dari penyakit yang bisa mengganggu perkembangannya. Untuk melatih perkembangan emosional dan sosial balita, bunda bisa memasukkannya ke sekolah. Karena saat di sekolah dan bermain Ia bisa bertemu banyak teman dan bermain bersama.

 


4. Kebersihan dan kesehatan

Segala sesuatu yang berhubungan dengan kebersihan akan berpengaruh pada kesehatan balita. Menjaga kebersihan dan kesehatan balita dengan mandi teratur, mengenakan pakaian bersih, makan-makanan yang bergizi dengan lingkungan yang sehat dan bersih akan menghindarkan balita dari sumber penyakit yang dapat menghambat perkembangannya.

 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Bilqis

terimakasih infonya bunda

ifadatun

tq infonya

Widya

terima kasih infonya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved