Balita

Mengajari Etika Ketika Makan Pada Anak

Makan bersama keluarga adalah tempat favorit untuk berbagi cerita sehari-hari dan berkumpul bersama. Biasanya waktu bersama keluarga sangat sulit dicari karena kesibukan masing-masing. Dalam makan malam juga ada etika. Apalagi saat makan anak diajarkan untuk memiliki etika makan yang baik.

Walaupun kesan makan adalah hal sederhana, namun dalam makan si kecil perlu diajari etika dalam makan agar kebiasaan ini terbawa dalam pergaulannya bersama orang lain.

Ada cara mengajarkan etika makan dengan mudah pada anak. Misalnya:

1. Libatkan anak dalam proses sebelum dan sesudah makan.

Melibatkan si kecil mempersiapkan meja makan, sekaligus dapat melatih keterampilan motoriknya. Libatkan si kecil pada aktivitas sederhana, seperti membawa sendok atau perlengkapan makan yang tidak terlalu besar dan ringan. Atau, ajak anak merapikan meja makan seusai makan. Aktivitas ini bermanfaat untuk melatih kemandiriannya. Puji anak bila berhasil melakukannya.

2. Mencuci tangan sebelum makan.

Cuci tangan sebelum makan sangatlah penting. Mencuci tangan adalah kebiasaan yang sehat dan baik. Ajari cuci tangan menggunakan sabun dan bilas dengan air yang bersih.

3. Berdo'a sebelum dan sesudah makan.

Jangan lupa ajarkan si kecil berdo'a sebelum dan sesudah makan. Hal ini mengajarinya cara bersyukur kepada Sang Pencipta atas nikmat yang diberikan padannya.

4. Gunakan alat makan yang tepat.

Ajari si kecil menggunakan peralatan makannya dengan benar dan baik sesuai fungsinya masing-masing.

5. Diam dan makan dengan mulut tertutup.

Dalam kondisi ketika makan sebaiknya habiskan makanan dahulu baru berbicara. Makanlah dengan menutup mulut dan tidak mengecapnya. Hal ini akan membawa kebiasaan yang baik ketika ia dewasa kelak makan bersama orang lain.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

ani

Artikelnya menarik thx u konicare

dwi_arum_nofayanti410

too much iti ndak baek nak

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved