Balita

Manfaat Mendongeng untuk Balita

Seiring dengan perkembangan jaman, kegiatan membacakan dongeng kepada anak sebelum tidur sudah semakin ditinggalkan. Padahal dalam kegiatan sederhana ini, terkandung banyak manfaat yang bisa anak anda peroleh, minimalnya anda akan memiliki ikatan emosional yang lebih kuat dengan si kecil.

Seperti dikutip dari laman Health Today, Dr Terri Apter, yang merupakan psikolog sosial di University Cambridge, mengatakan bahwa manfaat membacakan dongeng sebelum tidur ternyata tidak hanya untuk intelektual si anak saja, tapi bermanfaat untuk segi emosional anak.

Tidak hanya itu, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari kegiatan mendongeng ini, berikut diantaranya.

Membantu perkembangan kemampuan bicara dan tata bahasa

Proses mengajarkan si kecil berbicara sebenarnya sudah bisa dimulai sejak awal kehamilan. Ketika berbicara, otak janin akan merespon dan dia akan berusaha untuk menyerap suara serta bahasa yang anda gunakan. Kalau kebiasaan mendongeng sebelum tidur ini dilanjutkan, maka kebiasaan ini akan mendorong anak untuk berbicara dan lebih mengembangkan pembendaharaan katanya.

Membantu menenangkan anak yang menangis

Kebiasaan mendongeng sebelum tidur merupakan salah satu cara penghilang stres yang efektif untuk anak-anak. kebanyakan orangtua akan membacakan cerita dalam suasana santai dan sangat nyaman. Dengan sedikit dramatisasi, lama kelamaan si anak akan merasa nyaman sehingga tingkat stresnya akan berkurang.

Membantu untuk meningkatkan IQ anak

Mendongengkan sebuah cerita kepada anak secara berulang, akan membantunya untuk mengajarkan bahasa, mengembangkan imajinasi dan meningkatkan memori. Dengan kebiasaan ini, si anak akan dilatih untuk berkonsentrasi dan membayangkan bagaimana kondisi yang terjadi dalam dongeng tersebut. Cara ini merupakan cara yang sangat efektif untuk mengasah kemampuan berfikirnya.

Membantu anak lebih cinta dengan buku

Banyak sekali manfaat yang bisa kita petik dari membaca, salah satunya adalah membuat otak tetap sehat, makanya, anda bisa mengembangkan minat baca pada si kecil dimulai dengan kegiatan sederhana ini. Dengan membacakan cerita untuk anak, lama kelamaan si anak akan merasa penasaran dan akhirnya ingin belajar membaca sendiri. Setelah itu akan meningkat dan akhirnya minat membaca si anak akan tinggi.

Mampu mengembangkan keterampilan mendengarkan

Untuk memahami isi cerita, si anak dituntut untuk bisa berkonsentrasi dan mendengarkan dengan baik dongeng yang anda sajikan. Kalau si anak sudah terbiasa memahami cerita hanya dari kegiatan mendengarkan saja, maka lama kelamaan si anak akan memiliki kemampuan mendengarkan yang baik, bahkan daya nalar si anak akan lebih tinggi.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Nasywaaa

wah bermanfaat sekali ini..

anna_atina

ok

Ghisa_Yumna

sippppp

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved