Balita

Ingin Menitipkan Si Kecil di Rumah Kakek Neneknya? Perhatikan Hal-Hal Ini, Ya!

Tidak semua orang ketika menikah bisa tinggal di rumah sendiri, terkadang mereka masih harus tinggal satu atap dengan saudara atau bahkan orang tua. Walaupun Bunda sudah punya rumah sendiri, ada kalanya Bunda masih sering menitipkan Si Kecil di rumah kakek neneknya. Salah satu pro kontra yang muncul ketika menitipkan Si Kecil di rumah kakek neneknya adalah mulai dari beda peraturan mengasuh sampai Si Kecil terlalu dimanja.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana sebenarnya solusi untuk Bunda yang masih sering menitipkan Si Kecil di rumah kakek nenek.

Risiko perbedaan pola asuh

Hal pertama yang harus Bunda ketahui adalah perbedaan pola asuh akan menjadi hal yang sangat signifikan ketika menitipkan Si Kecil di rumah kakek nenek. Perbedaan umur yang sangat jauh membuat pola asuh antara Bunda dan orang tua sangatlah berbeda. Hal-hal mendasar seperti peraturan tidur siang dan makan di tempat makan pasti akan berbeda dengan pola asuh Bunda.

Lalu, bagaimana solusinya? Bunda bisa mendiskusikan beberapa hal kepada kakek neneknya tentang pola asuh yang berbeda. Misalnya, meminta orang tua untuk tidak terlalu memanjakan Si Kecil atau tidak memberikan makanan yang manis-manis selama dititipkan. Tetapi ingat ya, setiap orang tua mempunyai sikap yang berbeda-beda, jadi Bunda harus terus bersabar jika sikap mereka tidak berubah.

Beri tahu rutinitas Si Kecil

Salah satu faktor kunci yang tidak boleh Bunda lewatkan adalah menyampaikan apa saja rutinitas Si Kecil sehari-hari. Ini akan sangat berguna apalagi jika Si Kecil masih berumur kurang dari dua tahun. Mereka masih membutuhkan banyak pengetahuan, istirahat, dan juga makanan yang bergizi. Rutinitas yang bisa Bunda sampaikan kepada orang tua adalah mulai dari jam makan, jam kapan Si Kecil harus istirahat, dan pola belajar yang harus diterapkan.

Kebiasaan Si Kecil

Jika Bunda memang sudah tinggal dengan orang tua, tentu kakek nenek sudah tahu kebiasaan Si Kecil. Tetapi jika Bunda sudah tidak tinggal serumah dengan orang tua, tentu ada beberapa kebiasaan yang tidak diketahui oleh orang tua. Kebiasaan ini tidak hanya tentang kebiasaan Si Kecil membawa boneka atau hanya bisa tidur ketika harus digendong terlebih dahulu, tetapi kebiasaan yang sensitif, misalnya tidak bisa minum yang manis-manis atau alergi terhadap sesuatu.

Beri tahu apa yang boleh dan apa yang tidak boleh

Hal yang tidak kalah penting selanjutnya adalah memberi tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan kepada Si Kecil. Biasanya, ketika Bunda menitipkan Si Kecil kepada kakek neneknya, Si Kecil akan sangat dimanja. Apalagi jika mereka jarang bertemu, pasti mereka akan memberikan apapun yang diinginkan Si Kecil. Nah, di sini peran orang tua sangat penting untuk memberitahukan apa saja yang boleh dan tidak boleh.

Itulah beberapa hal penting yang bisa Bunda lakukan sebelum menitipkan orang tua ke rumah kakek nenek. Jangan lupa untuk memberi bekal kepada orang tua, ya. Bunda bisa membawakan produk Konicare yang bisa membuat nyaman Si Kecil.

 

Photo credit: pixabay.com

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

geby_ariesa

tera kasih infonya

sitinafilah

terima kasih infonya

utep_iskandar

saya juga pasti titip itu ke neneknya

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved