Anak

Waspada Dampak Buah Hati Suka Gigit Kuku

Orang tua mana yang tidak gemas melihat Buah Hatinya memiliki hobi menggigit kuku. Walaupun tampak sepele, nyatanya menggigit kuku adalah kebiasaan yang kurang baik. Oleh karena itu, peran Bunda dan Ayah sebagai orang tua perlu ditingkatkan, gak mau khan kebiasaan ini terbawa sampai si Kecil tumbuh dewasa? Selain akan menjadi kebiasaan, dibiarkan terus menerus, kebiasaan menggigit kuku ini akan membawa dampak buruk baik Buah Hati maupun tubuhnya lho, Bun. Seperti apa sih dampaknya? Konicare sudah merangkum dampak buruk yang perlu Bunda ketahui :

Merusak Gigi

Kebiasaan menggigit kuku berpengaruh pada pertumbuhan gigi, terutama pada deretan giginya bagian depan. Kebiasaan ini membuat gigi mengalami crossbite, dimana gigi bawah si Kecil akan lebih maju dari gigi atas, serta membuat gigi retak dan mudah rapuh. Bakteri yang masuk ke dalam mulut juga mengakibatkan gejala infeksi kronis pada gusi dan gigi.

Memicu Rusaknya Kesehatan Kuku

Tidak hanya gigi saja yang rusak, tanpa disadari menggigit kuku juga menyebabkan luka yang terbuka pada kuku sehingga menyebabkan rasa sakit dan bengkak, serta berpotensi menjadi infeksi. Selain itu, kebiasaan ini juga menimbulkan kuku tumbuh dalam daging dan bisa menimbulkan radang kulit di sekitar jari si Kecil.

Meningkatkan Resiko Infeksi

Kuku kita terdapat banyak sekali kuman dan bakteri, oleh karena itu orang tua sering menganjurkan Buah Hatinya untuk sering mencuci tangan. Seringnya Buah Hati menggigit kuku akan menyebabkan tubuh terinfeksi berbagai jenis kuman yang masuk melalui saluran pencernaan sehingga menyebar ke dalam tubuh.

Anak-anak biasanya senang mengikuti kebiasaan orang lain, tak terkecuali menggigit kuku. Kebiasaan ini juga sering dilakukan saat ia merasa stress, cemas atau tengah memikirkan sesuatu. Untuk mencegahnya, sebaiknya ajarkan si Kecil untuk tidak menggigit kuku dengan mengalihkan perhatiannya sampai ia benar-benar lepas dari kebiasaan ini. Sambil mengalihkan perhatiannya, oleskan juga Konicare Minyak Kayu Putih Plus ke tubuh si Kecil agar hangatnya selalu menjaganya dari perut kembung dan masuk angin. Bunda punya pengalaman Buah Hati suka gigit kuku? Share tips ala Bunda ya :)
 

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

SUSY

OK

MomyhAmy

Wah betul sekali.. Terima kasih untuk informasi nya

Triana

Alhamdulillah sudah bisa lepas

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved