Anak

Rambu-rambu Ketika Anak Berselancar di Dunia Maya

Anak zaman sekarang memang sudah sangat akrab dengan internet. Walaupun begitu, bukan berarti kita boleh membebaskan mereka untuk mengakses internet sesuai dengan kinginannya. Filter dan aturan penting, termasuk izin untuk mengakses internet hanya pada hari libur tetap harus diberlakukan. Hal ini dilakukan supaya internet bisa memberikan dampak positif bagi kehidupan anak.

Untuk anda yang kebetulan dirumah sudah tersedia Internet, ada baiknya anda melakukan beberapa langkah di bahwa ini supaya anak bisa berselancar di dunia maya dengan aman.

Batasi penggunaannya

Dengan koneksi tanpa batas, bukan berarti anak diperbolehkan untuk menggunakan komputer dan internet sesuai dengan keinginannya. Anda tetap harus membatasi penggunaannya, misalkan hanya boleh digunakan setelah jam 7 malam sampai jam 9 malam. Untuk sorenya, anak bebas mengakses internet dari jam 3 sampai jam 6 petang.

Letakan di tempat umum

Sebisa mungkin anda harus meletakan komputer di tempat yang bisa dilihat oleh seluruh penghuni rumah. Hal ini bertujuan supaya anak merasa terpantau ketika berselancar di dunia maya. Dengan begitu, semangat menggunakan internet untuk hal yang positif bisa terwujud. Selain itu, meletakan komputer di tempat yang terbuka juga akan memungkinkan semua anggota keluarga ikut mencicipi kecanggihan internet.

Hubungkan minat dengan sosial

Supaya anak tidak keasyikan di dunia maya, sebaiknya anda menghubungkan minat anak selama bermain komputer dengan kehidupan sehari-hari. Contohnya, kalau anak suka permainan binatang, cobalah untuk mengajak anak berkunjung ke kebun binatang atau memelihara binatang di rumah supaya dia merasakan sendiri bagaimana rasanya merawat binatang sungguhan.

Berikan contoh

Anak merupakan peniru ulung, untuk itu supaya si anak tidak kecanduan internet, anda harus memberi contoh yang baik dengan tidak terus menerus berada di depan layar komputer, atau tidak terus menyibukan diri dengan gadget. Sesekali ajaklah anak bermain ke luar supaya mereka mengenal kehidupan lingkungan dan mau bersosialisasi dengan teman di sekitarnya.

Filter

Saat ini, sudah banyak software yang bertugas untuk memfilter konten-konten yang tersedia di dunia maya. Gunakan semua itu supaya si anak benar-benar bisa memanfaatkan internet tanpa takut terimbas pengaruh buruk dari internet. Misalnya konten judi, pornografi, konten kekerasan atau yang lainnya.

Artikel Lainnya

Komentar Bunda

Bilqis

nice info

imroatul_mufidah

niceee

verawati22sianipar

okeee

Lihat Komentar Lainnya

Copyright 2009 - 2017 Konimex. All right reserved
Copyright 2009 - 2017 Konimex.
All right reserved